Almarhum adalah salah satu ahli sapi potong
Yogyakarta (ANTARA) - Jenazah Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof I Gede Suparta Budisatria yang meninggal karena kecelakaan tunggal di Tol Cipali KM 113 dimakamkan di Pemakaman Keluarga Besar UGM Sawitsari, Condongcatur, Depok, Sleman, Kamis sore.

Sebelum dimakamkan, Rektorat UGM menggelar doa bersama serta penghormatan terakhir untuk almarhum di Balairung UGM.

"Selamat jalan Prof Gede mudah-mudahan lancar menghadap Sang Halik," ucap Rektor UGM Prof Panut Mulyono saat melepas jenazah almarhum menuju pemakaman.

Baca juga: Misinformasi! Tiga guru besar UGM meninggal karena kecelakaan

Panut menuturkan Gede Suparta merupakan Dekan Fakultas Peternakan UGM yang belum lama dilantik.

Gede dilantik pada 8 Oktober 2021 menggantikan Prof Ali Agus, untuk periode 2021-2026.

"Sepanjang kariernya alhamdulillah memiliki komitmen besar bagi UGM dan bangsa Indonesia. Almarhum adalah salah satu ahli sapi potong," kata dia.

Baca juga: UGM tempati peringkat pertama kampus terbaik di Indonesia

Perjalanan darat dengan kendaraan roda empat Prof Gede bersama dua dosen Fakultas Peternakan Prof Ali Agus dan Dr. Chusnul Hanim di Jakarta, ujar Panut, merupakan perjalanan terakhir pengabdiannya kepada UGM dan bangsa Indonesia.

"Beliau adalah seorang pendidik yang memiliki komitmen tinggi dan berwawasan luas. Sepanjang kariernya berbagai penghargaan telah diraih baik di dalam maupun luar negeri," tutur Panut.

Baca juga: UGM: Gencarkan upaya selamatkan satwa liar dari dampak perubahan iklim

Menurut Panut, Prof Gede bersama dua dosen dan satu supir mengalami kecelakaan saat perjalanan dari Yogyakarta menuju ke Jakarta untuk mengurus visa dengan mengendarai sebuah mobil.

Gede mengurus visa untuk berkunjung ke Belanda dalam rangka menjalin kerja sama mewakili UGM pada 22 November 2021.

"Hari ini rencananya wawancara (untuk visa). Apakah (sopir) ngantuk atau ada hal lain saya belum mendapat cerita mengenai hal itu," kata Panut.

Baca juga: 124 Tim PKM UGM siap berkompetisi di Pimnas ke-34

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021