Jayapura (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua mengharapkan tidak ada gangguan bersifat force major yang dapat mengganggu pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI khususnya untuk fasilitas internet dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jeri Yudianto kepada Antara di Jayapura, Kamis, mengatakan pihaknya melalui instansi terkait telah menyediakan link back up untuk menunjang network dan lain sebagainya.

"Untuk Peparnas XVI Papua pada prinsipnya tidak beda jauh dengan PON XX baik itu dukungan konektivitas maupun layanan broadcast," katanya.

Baca juga: Menpora tinjau langsung persiapan upacara pembukaan Peparnas Papua

Menurut Jeri, layanan internet tetap disediakan di arena hingga tempat-tempat khusus yang digunakan oleh atlet, ofisial dan kontingen Peparnas bahkan masyarakat luas.

"Khusus Peparnas, host broadcast-nya berada di TVRI sehingga MPC-nya juga berada di stasiun TVRI," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk infrastruktur jaringan internet, yang disiapkan tidak jauh berbeda dengan PON dulu.

"Hanya saja scope atau jangkauan lebih kecil karena kini hanya di dua klaster, sedangkan dulu harus mencover hingga empat klaster," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap selama pelaksanaan Peparnas, jaringan internet tidak terganggu dan dapat turut membantu mensukseskan event olahraga empat tahunan bagi para penyandang disabilitas tersebut.

Baca juga: Pemerintah dukung penuh Peparnas hadirkan media center ramah difabel
Baca juga: Diskominfo Papua imbau masyarakat akses informasi resmi soal Peparnas

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021