Dubai (ANTARA) - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan bahwa Indonesia berkomitmen untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan saat memberikan sambutan pada National Day Indonesia di ajang Expo 2020 Dubai.

"Masa depan kita akan didukung oleh populasi kita yang terus bertambah dan bakat-bakat baru yang muncul. Masa depan kita akan dijamin dengan janji kita untuk melindungi planet kita dan anak-anak kita," kata Mendag di Dubai, Kamis.

Mendag memaparkan, Expo 2020 Dubai adalah momen yang sangat tepat, karena apa yang ditampilkan pada ajang tersebut merupakan kemampuan negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, untuk menciptakan hal-hal yang belum pernah dilihat sebelumnya, yang dapat menginspirasi, menggairahkan dan yang paling penting untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

"Masa depan di mana kita menghormati dan menikmati semua budaya, masa depan di mana kita bekerja sama untuk melindungi keberlanjutan planet kita, masa depan di mana tidak ada seorang pun yang tertinggal," ujar Mendag.

Baca juga: Expo 2020 Dubai peluang melihat posisi bisnis RI di antara negara lain

Dengan mengangkat tema "Menciptakan Masa Depan dari Indonesia untuk Dunia", Mendag menyampaikan bahwa Indonesia fokus terhadap dua hal, yaitu bagaimana Indonesia menciptakan masa depan dan bagaimana Indonesia bisa berkontribusi pada dunia.

Terkait Indonesia menciptakan masa depan, Mendag menyampaikan bahwa Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai menunjukkan dalam menciptakan masa depan, Indonesia tidak dapat mematahkan hubungan dengan dengan masa lalu.

"Masa depan akan selalu berkaitan dengan hubungan dengan tanah kita, budaya kita yang beragam, ekologi kita yang berharga, dan tradisi kita yang terus berkembang," tutur Mendag.

Baca juga: Mendag: Pengunjung dapat rasakan jadi orang Indonesia di Expo Dubai

Saat ini, lanjutnya, Indonesia sedang membangun fondasi untuk masa depan yang sejahtera, bersamaan dengan ketika Indonesia mengundang dunia untuk berdagang, berinvestasi, dan mengunjungi tanah air Indonesia yang indah.

Sedangkan, terkait dengan kontribusi Indonesia kepada dunia, Mendag menyampaikan, Indonesia berupaya mengambil bagian menjado pemain tim yang lebih baik di dunia yang akan menghadapi tantangan besar di depan.

"Tahun depan, Indonesia akan menjadi presiden G20. Kehormatan ini datang dengan tanggung jawab yang sangat besar. Kami berkomitmen untuk memimpin dalam menciptakan ekonomi yang lebih adil dan masa depan yang lebih berkelanjutan," kata Mendag.

Pada National Day Indonesia yang juga dihadiri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Kelautan dan Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, serta diaspora Indonesia di Dubai tersebut, Mendag mengajak untuk menyaksikan pertunjukan spektakuler Indonesia di panggung utama Al Wasl Plaza pukul 18.00-21.00 waktu setempat.

"Karena Uni Emirat Arab dan Expo telah menghiasi kami dengan kehangatan dan keramahan terbaik, malam ini, kami juga ingin berbagi dengan Anda dan kepada dunia pertunjukan budaya kami dengan tema "Tanah Keanekaragaman" di Al Wasl Plaza and Dome yang luar biasa. Sebuah isyarat kecil, tanda penghargaan dan berharap untuk melanjutkan persahabatan kami dan merangkul masa depan kami bersama," pungkas Mendag.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021