Banjarmasin percepat vaksinasi, targetkan 70 persen pada HKN

Banjarmasin percepat vaksinasi, targetkan 70 persen pada HKN

Arsip - Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor (depan, kanan) saat vaksinasi massal di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Banjarmasin)

Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melakukan percepatan program vaksinasi COVID-19 agar target 70 persen sasaran tercapai pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 pada 12 November 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi pada Kamis mengatakan saat ini tingkat vaksinasi COVID-19 di kota itu sudah mencapai 63,42 persen untuk suntikan dosis pertama dari target sasaran 516 ribu jiwa.

"Kita makin percepat ini, setidaknya dapat 70 persen hingga 11 November 2021 atau sehari jelang HKN," katanya di Banjarmasin.

Salah satu upaya percepatannya adalah dengan menggelar vaksinasi massal secara serentak di setiap kecamatan, kata Machli.

Sebab, kata dia, rata-rata tingkat vaksinasi COVID-19 di setiap kecamatan di Banjarmasin baru sekitar 12,9 persen.

Baca juga: Kadinkes Banjarmasin: Kasus aktif COVID-19 kini hanya hitungan jari

Menurut Machli, agar target tersebut tercapai setiap kecamatan bisa menyumbang capaian vaksinasi minimal 20 persen.

Selain vaksinasi massal di kecamatan, vaksinasi di 26 puskesmas di Banjarmasin juga akan ditingkatkan.

"Harus cepat-cepatan antara vaksinasi dengan penyebaran virus. Kita juga sedang menggelar vaksinasi di pasar-pasar setiap hari sampai 11 November nanti," kata Machli.

Dengan percepatan vaksinasi tersebut, pihaknya optimis bisa mencapai target 70 persen dosis pertama pada peringatan HKN.

Data Dinas Kesehatan Kalsel menunjukkan Kota Banjarmasin pada Kamis tidak mempunyai tambahan kasus COVID-19 dan kasus sembuh bertambah enam orang.

Hingga Kamis, total jumlah kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin mencapai 15.859 orang, sembuh 15.306 orang, dan kematian mencapai 544 orang.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Banjarmasin sudah landai
Baca juga: Wali Kota Banjarmasin jelaskan alasan protes atas PPKM level 4


Pewarta: Sukarli
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar