Paris (ANTARA News) - Tim raksasa Inggris yang terkenal karena belanja besarnya Manchester City disingkirkan Dynamo Kiev pada babak 16 besar Liga Europa Kamis waktu setempat (Jumat dinihari), sementara Paris Saint Germain juga harus mengakui keunggulan Benfica.

Tim besutan Roberto Mancini, yang mendapat gelontoran dana investasi 500 juta dolar AS dari Sheikh Mansour dari Abu Dhabi, memang dapat mengalahkan klub Ukrainia itu dengan skor 1-0, tetapi secara agregat mereka kalah dalam pengumpulan gol dengan skor akhir 1-2, demikian AFP melaporkan.

Manchester City yang menjadi tuan rumah dalam pertandingan itu harus bermain dengan 10 orang pemain pada menit ke 37 setelah pemain berkebangsaan Italia Mario Balotelli langsung terkena kartu merah setelah terlihat wasit menghantamkan kakinya ke arah dada Goran Popov dalam pertandingan yang diwarnai dengan pelanggaran-pelanggaran keras.

Tercatat tujuh kartu kuning harus dikeluarkan oleh wasit dalam pertandingan itu.

Meski kalah jumlah pemain namun Manchester City masih mampu mencetak gol melalui Aleksandar Kolarov, pemain berkebangsaan Serbia yang melesakkan bola ke dalam gawang Dynamo Kiev melalui sebuah tendangan bebas yang meluncur deras menembus tembok pertahanan pemain Dynamo.

Namun bermain dengan target mengejar ketertinggalan selisih gol bagi 10 orang pemain terbukti terlalu berat bagi City, karena setiap serangan mereka selalu berhasil dimentahkan oleh pemain Dynamo.

Carlos Tevez sempat mendapat sebuah kesempatan emas pada menit keempat masa "injury time" agar dapat memaksakan pertandingan dilanjutkan ke babak "extra-time", namun dia gagal membelokkan laju bola tendangan bebas Yaya Toure yang kemudian dapat ditangkap dengan baik oleh kiper Dynamo.

Mancini mengakui bahwa pertandingan tersebut merupakan "hasil yang mengecewakan".

"Kami layak memperoleh tambahan gol lagi malam ini. Kami bermain fantastis meski dengan hanya 10 pemain. Saya tidak dapat melihat insiden yang melibatkan Mario Balotelli dari tempat saya berdiri jadi saya tidak bisa memberi komentar," kata pelatih berkebangsaan Italia itu pada BBC.

"Tetapi seandainya kami bermain dengan 11 pemain di lapangan maka besar kemungkinan kami menang dalam pertandingan ini." sesal Mancini.

Pemain bertahan City Vincent Kompany menambahkan: "Segera setelah kami tinggal 10 orang di lapangan, pertandingan berubah menjadi sangat sulit. Keunggulan jumlah pemain mereka membuat kami harus bekerja keras dan menumpahkan segenap energi dalam pertandingan ini, namun saya pikir kami bermain dengan baik malam ini."

Sementara itu PSG juga tersingkir dari klub Portugal Benfica dengan agregat 3-2 setelah kedua tim menyelesaikan pertandingan dengan skor imbang 1-1.

Nicolas Gaitan berhasil menyarangkan gol tandang penting bagi klub yang bermarkas di Lisbon itu pada menit ke-27 dengan meluncurkan sebuah tendangan kaki kiri yang melesat melewati kiper Apoula Edel yang gagal mengantisipasi datangnya bola.

PSG membalas delapan menit kemudian ketika Mathieu Bodmer berhasil mengirimkan tendangan voli kaki kanan yang bersarang di sudut gawang Benfica.

Setelah itu tidak ada lagi gol yang tercipta dalam pertandingan itu karena Benfica dengan efektif berhasil mempertahankan gawangnya dari serangan-serangan PSG.

Di Moscow, Spartak membungkus kemenangan meyakinkan atas Ajax Amsterdam dengan tiga gol tanpa balas hasil kreasi Dmitri Kombarov, dan duo pemain Brazil mereka, Welliton dan Alex sehingga mereka akhirnya unggul aggregat 4-0.

Tetapi tim Rusia lainnya Zenit St-Petersburg di pertandingan lain tidak mampu mengejar defisit ketertinggalan 0-3 mereka dari tim Belanda FC Twente, dan dalam pertandingan malam itu mereka kembali kalah 0-2.

Berikut adalah rangkuman sebagian pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Europa yang telah dimainkan:

Paris St Germain 1 Mathieu Bodmer 35

Benfica 1 Nicolas Gaitan 27

Babak Pertama: 1-1

Benfica menang dengan agregat gol 3-2.



Manchester City 1 Aleksandar Kolarov 39

Kartu merah: Mario Balotelli 36

Dynamo Kiev 0

Babak Pertama: 1-0

Dynamo Kiev menang dengan agregat gol 2-1



Zenit St Petersburg 2 Roman Shirokov 16, Alexander Kerzhakov 37

Twente Enschede 0

Babak Pertama: 2-0

Twente Enschede menang dengan agregat gol 3-2



Spartak Moscow 3 Dmitry Kombarov 21, Welliton 30, Alex 54

Ajax Amsterdam 0

Babak Pertama: 2-0

Spartak Moscow menang dengan agregat gol 4-0



Pertandingan yang masih sedang berlangsung saat berita ini diturunkan:

Porto vs CSKA Moscow

Liverpool vs Braga

Rangers vs PSV Eindhoven

Villarreal vs Bayer Leverkusen

(OKS/T010/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011