Jakarta (ANTARA) - Storm Sanders dan Ajla Tomljanovic memenangi nomor tunggal mereka untuk membantu Australia mengalahkan Belarus, Kamis waktu Praha atau Jumat WIB, dan melaju ke semifinal melawan Swiss di Final Billie Jean King Cup.

Australia, yang mengejar gelar kedelapan dalam kompetisi beregu putri yang sebelumnya bernama Piala Fed, telah mengalahkan Belgia dalam pertandingan pembukaan mereka dan keunggulan 2-0 yang tergoyahkan melawan Belarus memastikan mereka memuncaki Grup B.

Mereka selanjutnya akan menghadapi Swiss yang mengalahkan tuan rumah Republik Ceko 2-1 dalam pertandingan terakhir Grup D.

Di bawah format baru turnamen, 12 tim telah dibagi menjadi empat grup dan pemenang grup maju ke semifinal pada hari Jumat waktu setempat atau Sabtu WIB, dengan final dijadwalkan pada Sabtu atau Minggu WIB.

Baca juga: Piala Fed akan berganti nama jadi Piala Billie Jean King

Federasi Tenis Rusia akan menghadapi pemenang 18 kali Amerika Serikat di semifinal pertama pada sesi pagi, sementara Australia bertemu Swiss pada di sesi malam.

Sanders (27), yang melakukan debut turnamennya pekan ini, memberi Australia awal yang ideal dengan kemenangan 6-3, 6-3 dalam pertandingan pertamanya dengan Yuliya Hatouka, peringkat 192 dunia.

"Bagi saya dapat keluar dan memberikan tekanan, itu perasaan yang hebat," kata Sanders, yang memenangi nomor tunggal tetapi kalah di ganda melawan Belgia, dikutip dari Reuters.

"Saya memainkan pertandingan yang sangat solid. Saya sedikit lelah dari dua pertandingan saya pada hari Selasa, tetapi saya berjuang sangat keras."

Aliaksandra Sasnovich memimpin 4-0 saat melawan Tomlajanovic sebelum petenis Australia peringkat ke-43, yang melewatkan pertandingan melawan Belgia karena sakit, itu berhasil menang 4-6, 6-2, 6-3.

Ceko unggul 1-0 melawan Swiss ketika Marketa Vondrousova meraih kemenangan atas Viktorija Golubic 6-4, 6-2, tetapi Belinda Bencic menyamakan kedudukan dengan kemenangan mengejutkan 7-6, 6-4 atas peringkat tiga dunia Barbora Krejcikova.

Bencic langsung melaju ke babak penentuan ganda bersama pasangannya Jil Teichmann. Mereka mengklaim kemenangan 6-3, 6-2 atas Lucie Hradecka dan Katerina Siniakova.

Baca juga: Budapest dicoret sebagai tuan rumah Final Billie Jean King Cup

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021