Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur mempercepat bantuan makanan bagi korban banjir di wilayah tersebut, yaitu kurang dari satu jam.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahuddin mengatakan, target itu terhitung dari datangnya laporan pihak pengurus RT/RW mengenai jumlah pengungsi.

"Secepatnya, kurang dari satu jam. Sebab di lokasi banjir pun sudah ada dapur umum oleh petugas KSB (Kampung Siaga Bencana)," kata Achmad Salahuddin di Jakarta, Jumat.

Salahuddin menambahkan, laporan mengenai jumlah pengungsi akan terus dilaporkan mulai dari tingkat RT ke RW, selanjutnya lurah hingga ke Sudin Sosial Jakarta Timur.

Selain bantuan makanan siap saji, Suku Dinas (Sudin) Sosial Jakarta Timur pun membantu pasokan logistik dapur umum untuk warga korban banjir.

"Ini tergantung kondisi data warga yg terdampak dan petugas KSB yang ada. Membentuk dapur umum yang barang pokoknya disuplai dari Sudin Sosial​ atau logistik langsung di-'back up'," ujar Salahuddin.

Pihaknya juga menargetkan kebutuhan medis bagi warga korban banjir yang sedang mengungsi tidak terlambat.

“Selain dari Sudin Kesehatan, pihak PMI Jakarta Timur juga telah menyiapkan tim medis dan tim psikolognya, kemudian ada alat kelengkapan yang dibutuhkan seperti mobil ambulans, dalam hal ini PMI siap membantu,” tuturnya.
Baca juga: Pemkot Jaktim dorong partisipasi warga cegah banjir
Baca juga: Wali Kota Jaktim ajak warga buat sumur resapan di rumah

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021