Jayapura (ANTARA) - Pekan paralimpik nasional (Peparnas) akan memasuki edisi ke-16 di Papua yang akan bertindak sebagai tuan rumah dan tepatnya akan dibuka di Stadion Mandala, Jayapura, malam (5/11).
 
Pembukaan Peparnas Papua XVI ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'aruf Amin. Sejumlah artis terkenal seperti Anggun C. Sasmi dan Edo Kondologit pun turut hadir memeriahkan acara tersebut.
 
Peparnas memiliki sejarah yang cukup panjang dan pertama kali digelar pada tahun 1957 lalu di Surakarta, Jawa Tengah, dengan nama Pekan Olahraga Cacat Nasional.
 
Pekan Olahraga Cacat Nasional
 
Pekan Olahraga Cacat Nasional (Porcanas) pertama kali digelar pada tahun 1957 dan Surakarta ditunjuk untuk menjadi tuan rumah.
 
Pada gelaran Porcanas pertama ini, tempat utama penyelenggaraan dilakukan di Stadion Manahan dan pada akhirnya mengeluarkan kontingen Jawa Tengah sebagai juara umum.
 
Porcanas dalam dua edisi selanjutnya, tetap diadakan di Surakarta tepatnya pada tahun 1959 dan 1964 yang mengeluarkan juara umum Jawa Tengah lalu Jawa Barat.
 
Setelah tiga kali digelar di Surakarta, Porcanas 1969 diadakan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berhasil dimenangkan oleh kontingen Jawa Barat.
 
Usai berhasil menjadi juara umum dalam dua edisi sebelumnya, Jawa Barat tepatnya Kota Bandung ditunjuk menjadi tuan rumah Porcanas pada tahun 1972 di mana DKI Jakarta berhasil keluar sebagai juara umum.
 
Edisi Porcanas selanjutnya digelar pada 1975 dan Kota Makassar berlaku sebagai tuan rumah gelaran kelimanya setelah pertama kali digelar pada tahun 1957 silam.
 
Di gelaran ini, tuan rumah Sulawesi Selatan berhasil keluar sebagai juara umum dan selanjutnya Porcanas digelar pada tahun 1980 di Surakarta yang berhasil dijuarai oleh DKI Jakarta.
 
Empat tahunn setelahnya, Surakarta kembali menjadi tuan rumah dari Pocarnas dan Jawa Tengah berhasil keluar sebagai juara umum.
 
Pada tahun 1988, Jawa Timur bertindak sebagai tuan rumah yang berhasil dimenangkan oleh kontingen DKI Jakarta yang keluar sebagai juara umum.
 
Gelaran Porcanas selanjutnya dihelat pada tahun 1993 di Daerah Istimewa Yogyakarta yang gelar juara umumnya berhasil didapatkan oleh DKI Jakarta.
 
Berselang lima tahun, Jawa Barat kembali menjadi tuan rumah tepatnya pada tahun 1998 dan kontingen tuan rumah berhasil keluar sebagai juara umum.
 
Setelah edisi ke-11 ini, gelaran Porcanas (selanjutnya menjadi Peparnas) rutin dilaksanakan empat tahun sekali dan biasanya tuan rumah merupakan dari tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON).

Baca juga: Menelisik potensi penyandang disabilitas di pentas olahraga

Selanjutnya : perubahan nama

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021