Jakarta (ANTARA) - Panitia seleksi Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta Raya (Pansel BPD HIPMI Jaya) sudah menerima 18 bakal calon ketua umum Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI sampai Jumat hari ini.

"Mereka 18 balon ketua umum akan mengisi lima BPC di DKI Jakarta, yakni BPC Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat," kata Ketua Pansel Pemilihan Ketua Umum BPC HIPMI, Raya Harizah Persiana di Jakarta, Jumat.

Menurut Raya, pendaftaran balon ketua umum BPC HIPMI se-DKI Jakarta ini sesuai dengan amanat konstitusi organisasi yang tercantum dalam AD/ART HIPMI.

Sedangkan pelaksanaan pemilihan balon ketua umum BPC dan penetapan pemenang akan dilaksanakan pada 16 Desember 2021 bertempat di The Tribrata Darmawangsa Jakarta Selatan.

Dalam perhelatan tersebut, 15 orang telah mendaftar dan rencananya akan mendaftar tiga orang lagi jadi total 18 orang bakal calon ketua umum yang akan bersaing dan memimpin lima BPC, tuturnya.

Tiga balon ketua umum yang mendaftar salah satunya adalah Muhammad Yudhya Umari atau biasa dipanggil Yudhy. Yudhy merupakan kader terbaik HIPMI Jakarta Pusat yang telah memimpin dan menjadi ketua panitia berbagai acara.

Baca juga: HIPMI Jaya bentuk pansel untuk pemilihan ketua DPC
Baca juga: HIPMI Jaya dukung permintaan Presiden agar BUMN berani bersaing


Contohnya, HIPMI Jaya Karnaval yang mendapat apresiasi dari banyak pihak, termasuk dari Ketua Umum HIPMI Jaya 2017-2021 Afifuddin Kalla dan Ketua Umum HIPMI Jakarta Pusat 2017-2021 Indra Rukman.

Bukan hanya kegiatan dalam lingkup cabang saja yang dia pimpin, tetapi juga tingkat daerah (provinsi) seperti Ketua Panitia Qurban, Sekretaris Rekrutmen Anggota Baru, dan Koordinator Acara MUSDA XVII HIPMI Jaya pada bulan Maret 2021 lalu dan masih banyak partisipasi lainnya.

Sebelumnya Menteri Investasi RI, Bahlil Lahadalia, yang juga merupakan ketua umum HIPMI periode 2015-2019, selalu mengatakan bahwa pengusaha itu ada dua. Pengusaha karena nasab (karena keturunan) dan pengusaha karena nasib (karena keadaan).

Yudhy menjadi pengusaha karena nasib, yang memulai semua perjuangannya dengan keringat dan usaha seorang diri. Dimulai dari berdagang TV rumah ke rumah, menjadi fotografer dan sekarang menjadi pemilik usaha perusahaan holding bernama AMARI Group.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo merupakan panutan bagi Yudhy yang menjadikannya seperti sekarang ini. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dari jualan kue dan supir angkot bisa menjadi pengusaha sukses dan menteri sedangkan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dari wartawan menjadi pengusaha sukses.
 
Balon Ketua BPC HIPMI Jakarta Selatan Muhammad Assad tengah mendaftarkan diri ke panitia pelaksana (pansel) di Jakarta, Jumat (5/11/2021). ANTARA/ Ganet Dirgantoro

Sedangkan balon berikutnya pengusaha muda Muhammad Assad muncul sebagai kandidat kuat untuk calon ketua umum BPC HIPMI Jakarta Selatan.

Muhammad Assad saat ini merupakan anggota HIPMI Jaya yang memegang posisi sebagai wakil sekertaris umum BPC HIPMI Jaya Jakarta Selatan. Assad saat ini memegang posisi sebagai wakil ketua umum MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) DKI Jakarta.

Baca juga: HIPMI Jaya dorong anggotanya bisa masuk pasar global
Baca juga: Ketua HIPMI DKI harapkan anggota pegang peran penting di pemerintahan

 

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021