Jakarta (ANTARA) - Empoli dan Genoa akhirnya sama-sama memetik satu poin dalam thriller empat gol di Stadio Carlo Castellani ketika pasukan Davide Ballardini sempat unggul 1-0 sampai selama satu jam sebelum disamakan oleh tim tamu dan akhirnya harus puas membawa pulang satu poin.

Genoa bertandang ke Empoli dengan berusaha keras mendapatkan poin. Mereka mengawali laga dengan baik, seolah berusaha keras mengendurkan tekanan kepada pelatih Davide Ballardini yang berusaha mempertahankan pekerjaannya di Liguria.

Sebaliknya tuan rumah yang diasuh Aurelio Andreazzoli berharap melanjutkan awal yang bagus yang sudah mengemas 15 poin sebelum laga ini berakhir.

Pada menit ke-13, Genoa memperoleh hadiah penalti setelah Riccardo Fiamozzi berusaha melindungi diri dari bola namun malah hand ball usai terobosan silang dari Pablo Galdames.

VAR memeriksa insiden ini dan wasit memutuskannya sebagai penalti bagi memberi tim tamu.

Domenico Criscito maju untuk mengeksekusinya dengan baik. Setelah ini Genoa berusaha keras mempertahankan keunggulan dengan mendominasi penguasaan bola.

Empoli beberapa kali mengancam, tetapi tidak pernah bisa menguji kemampuan kiper Salvatore Sirigu.

Tuan rumah kemudian tampil lebih agresif pada babak kedua dan sepertinya berusaha memberikan hadiah ulang tahun khusus kepada Andreazzoli yang tepat memasuki usia 68 tahun hari ini.

Tak kunjung menciptakan gol, Andreazzoli kemudian mengganti tiga pemain sekaligus pada menit ke-59. Langkah ini berhasil ketika Federico Di Francesco mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-62.

Gol ini berawal dari pemain pengganti Szymon Zurkowski yang menemukan Di Francesco dalam posisi bagus di titik penalti, untuk menaklukkan penjaga gawang Salvatore Sirigu.

Ini adalah gol ketiga Di Francesco dalam Serie A musim ini, dan setelah golnya, Empoli kian bernafsu membalikkan keadaan dan umpan silang Liam Henderson hampir saja mengecoh Sirigu di tiang jauh.

Sembilan menit setelah menyamakan kedudukan, Zurkowski kembali tampil cemerlang namun kali ini giliran dia yang menuliskan namanya dalam daftar pencetak gol.

Pada menit ke-71, pemain berusia 24 tahun itu menerima bola dalam ruang dan waktu yang tepat ketika lini pertahanan Genoa kelimpungan.

Pemain asal Polandia itu lalu menaklukkan Sirigu dari jarak 25 meter dengan penyelesaian indahdi sudut bawah gawang Genoa yang sekaligus membalikkan keadaan 2-1.

Ketika para pemain Genoa terlihat frustasi pada menit-menit berikutnya, Ballardini mengganti pemainnya dan perubahan ini membawa hasil manakala Flavio Bianchi menyelamatkan tim tamu dari kekalahan lewat golnya pada menit ke-89, demikian laman football-italia.

Baca juga: Piotr Zielenski berharap bisa raih Scudetto bersama Napoli
Baca juga: Klasemen Liga Italia: Napoli dan Milan berdempetan di dua teratas
Baca juga: Sassuolo bekap Venezia, Empoli bawa pulang tiga poin dari Salernitana

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021