Gempa 5,3 SR Guncang Jawa Barat Selatan

Gempa 5,3 SR Guncang Jawa Barat Selatan

Ilustrasi (ANTARA/Noveradika)

Gempa dirasakan di wilayah Sukabumi, Garut. Tasikmalaya serta Cianjur
Bandung (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter mengguncang sejumlah kawasan di Jawa Barat bagian selatan, Minggu.

Gempa bumi yang berpusat di 113 kilometer barat daya Sukabumi dengan kedalaman 10 kilometer itu, terjadi sekitar pukul 08.20 WIB.

"Gempa dirasakan di wilayah Sukabumi, Garut. Tasikmalaya serta Cianjur." kata Pepen Efendi, Petugas BMKG Bandung kepada ANTARA di Bandung. Minggu.

Tidak dilaporkan adanya kerusakan dari kejadian gempa bumi yang terjadi itu. Meski demikian goyangannya sempat dirasakan warga di kawasan Jabar selatan.

Pepen menyebutkan sumber gempa berada di lokasi yang selama ini memicu gempa di wilayah itu yakni 113 kilometer barat daya Sukabumi. Titik tersebut merupakan lokasi tumbukan lempeng Indoaustronesia dengan lempeng Indoeuronesia yang cukup aktif.

"Titik tersebut cukup aktif terjadi tumbukan, namun lokasinya beda dengan pusat gempa di laut lepas Tasikmalaya," kata Pepen menambahkan.

Wilayah Jawa Barat merupakan jalur rawan bencana alam gempa bumi, terakhir gempa bumi berkekuatan tinggi terjadi pada 9 September 2009 yang mengakibatkan kerusakan di sejumlah daerah di Jabar Selatan.
(S033/M008)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Waspada potensi bencana alam di tengah pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar