Aksi Akrobatik Udara Pukau Masyarakat Denpasar

Denpasar (ANTARA News) - Aksi akrobatik di udara oleh pemain Oriental Circus Indonesia (OCI) memukau ratusan penonton yang memadati areal pertunjukan "Soviet Circus Stars" di Lapangan Sesetan, Denpasar, Minggu.

Aksi bertajuk "flying trapeze" yang membuat jantung penonton berdebar itu memperlihatkan para pemain berusia muda bergelantungan di atas tongkat pendek, kemudian berpindah posisi dengan rekannya sambil bersalto.

Selain aksi tersebut, para penonton juga dihibur dengan berbagai pertunjukkan lain yang tidak kalah seru, seperti atraksi gajah, gadis yang berbadan lentur, dan badut ala luar negeri.

"Pertunjukan sirkus ini sebelumnya pernah hadir di Denpasar pada tahun 2006. Kini, kami kembali hadir untuk mempersembahkan pertunjukan yang memukau dan menghibur masyarakat bekerja sama dengan Yamaha Bali," kata General Manager OCI, Samidan Budiharjo.

Dia menjelaskan, pertunjukan yang disuguhkan merupakan perpaduan atraksi seni akrobatik, budaya, dan satwa.

Atraksi itu dilaksanakan berpindah-pindah lokasi sebagai upaya untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat mengenai perlindungan dan pelestarian terhadap satwa-satwa liar di negeri ini.

Selain itu, ujar Sadiman, juga untuk mengubah pemikiran masyarakat tentang satwa liar yang dikenal buas, namun ternyata dapat menjadi sahabat setelah diberikan pelatihan dan pendidikan.

"Oleh karena itu, satwa liar yang ada di pertunjukan kami ini merupakan hewan yang sudah terlatih dan berasal dari Taman Safari Indonesia," ujarnya.

Selain hewan yang sudah terlatih, para pemain sirkus di OCI merupakan putra-putri Indonesia yang sudah dilatih sejak usia dini dengan tujuan untuk menciptakan pemain yang memiliki kemampuan sejajar dengan pemain sirkus kelas dunia.

Selain para pemain asli produk dalam negeri, ucapnya, pada acara hiburan murah dan bermutu itu juga menghadirkan para pemain dari negara pecahan Uni Soviet.

Dia mengatakan, pertunjukan sirkus tersebut didukung dengan sarana dan prasarana yang bertaraf internasional dengan menggunakan tenda raksasa khusus yang berasal dari Italia dengan daya tampung 2.000 orang penonton.

"OCI merupakan satu-satunya sirkus nasional yang termegah di bawah naungan Pusat Koperasi TNI Angkatan Udara (Puskopau) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, yang hadir bertujuan untuk memberikan hiburan yang murah dan bermutu bagi masyarakat," katanya.(*)

(T.M026/E011)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Mahasiswa Universitas Udayana uji coba robot medis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar