Kalau mengendarai kendaraan dengan 30 kilometer per jam juga dengan safe control yang bagus, dengan persiapan yang bagus maka menciptakan keselamatan yang lebih baik
Magelang (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengkampanyekan laju kendaraan di bawah 30 kilometer per jam di kawasan wisata dan permukiman untuk keselamatan pada puncak acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2021 di Kawasan Borobudur.

"Kami senang bisa berkolaborasi dengan Borobudur dalam Pekan Nasional Keselamatan Jalan yang membawa pesan tentang budaya baru mengendarai kendaraan dengan kecepatan maksimal 30 kilometer/jam di daerah wisata agar tidak terjadi kecelakaan," kata Menhub Budi Karya di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu.

Menhub Budi Karya menyampaikan dengan kecepatan kendaraan di bawah 30 kilometer per jam, praktis kendaraan itu terkendali dengan baik. Artinya dengan laju maksimum 30 kilometer per jam keselamatan akan bisa dilakukan.

Baca juga: Kemenhub kampanyekan pentingnya keselamatan berlalu lintas

Ia menuturkan dalam kampanye berkendara di destinasi wisata tersebut dilakukan bersama-sama dengan komunitas di tempat wisata agar masyarakat tahu. Upaya yang dilakukan ini demi keselamatan jalan bagi pengendara maupun masyarakat.

"Kalau mengendarai kendaraan dengan 30 kilometer per jam juga dengan safe control yang bagus, dengan persiapan yang bagus maka menciptakan keselamatan yang lebih baik," ujar Menhub Budi Karya.

Pada kegiatan PNKJ tersebut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan dukungan layanan angkutan orang pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur kepada komunitas VW dan Jeep dengan memberikan bantuan subsidi.

Baca juga: Kemenhub ingatkan industri kendaraan komersial soal keselamatan jalan

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021