Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 120 pecatur dari 23 provinsi tampil pada hari pertama pertandingan cabang olahraga catur Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 di Hotel Sahid, Kota Jayapura, Sabtu.

Menurut Koordinator Panitia Pelaksana (Panpel) Catur Peparnas XVI Papua Baharudin Hasan, hari pertama cabang olahraga ini mempertandingkan nomor catur standar dan akan menyelesaikan babak pertama hingga babak ketiga yang diikuti 23 provinsi.

Ke-23 provinsi tersebut adalah Banten, Papua, Jawa Barat, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Timur, Riau, Jambi, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Maluku Utara, serta Kalimantan Timur.

Baca juga: Atlet tuan rumah rebut emas pertama Peparnas Papua 

Lanjutan babak penyisihan akan dimainkan pada Minggu (7/11), dimulai pada pukul 13.00-16.00 Waktu Indonesia Timur (WIT).

"Hari Senin sudah memasuki babak final, nomor standar," kata Baharudin.

Sementara itu, Manajer Catur NPCI Papua Agus Kurniawan mengatakan kontingen tuan rumah menargetkan 12 medali emas dalamPeparnas XVI Papua.

"Dari 38 emas yang diperebutkan, kami optimistis mampu meraih 12 emas," ujar Agus, seperti dikutip InfoPublik.

Menurut dia, untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya telah mengirim atlet catur Papua berlatih di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Kami juga menggelar uji tanding dengan pecatur yang bergelar Master Internasional agar mental tanding atlet Papua makin tangguh," urai Agus. 

Baca juga: Menko PMK dan Menpora saksikan pertandingan bulu tangkis Peparnas 
Baca juga: Peparnas Papua cabang olahraga judo tunanetra sudah siap 90 persen 

 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021