Jakarta (ANTARA) - Manchester City mengantungi tiga poin penuh dari lawatan ke Stadion Old Trafford seusai menang 2-0 atas Manchester United berkat dua blunder yang dilakukan pemain tuan rumah dalam laga pekan kesebelas Liga Inggris, pada Sabtu.

Blunder pertama dilakukan oleh Eric Bailly yang mencetak gol bunuh diri saat berusaha menghalau bola umpan silang Joao Cancelo, membuat City memimpin saat pertandingan baru berusia tujuh menit.

Lantas kiper David de Gea bertanggung jawab atas blunder kedua tepat di pengujung waktu normal babak pertama kala ia gagal menghentikan bola lemah sepakan Bernardo Silva, berujung jadi gol pengganda keunggulan City.

Baca juga: Setelah MU imbangi Atalanta, Solskjaer samakan Ronaldo dengan Jordan

Blunder De Gea jadi sesuatu yang ironis, sebab sebelum itu ia melakukan sedikitnya lima penyelamatan gemilang atas peluang-peluang City, termasuk saat Victor Lindelof nyaris mencetak gol bunuh diri kedua tuan rumah pada menit ke-33 kala berusaha memotong umpan tarik Phil Foden.

Seperti laga kontra Liverpool, para pemain MU turun minum disambut koor cemoohan dari suporternya sendiri setelah dijadikan bulan-bulanan oleh City sepanjang babak pertama.

Satu-satunya peluang berbahaya yang diciptakan MU di paruh pertama terjadi pada menit ke-26 saat umpan silang berbahaya Luke Shaw disambut tendangan voli akurat Cristiano Ronaldo, tetapi bola berakhir ditinju oleh kiper Ederson Moraes.

De Gea sedikit lebih banyak bisa beristirahat di babak kedua karena serangan-serangan City relatif tumpul dan tak banyak menemui sasaran.

Foden nyaris membunuh pertandingan lebih awal pada menit ke-81 saat menyelesaikan umpan terobosan Kevin De Bruyne, tetapi bola tembakannya masih menyerempet sisi luar tiang gawang.

Baca juga: Manchester City menang meyakinkan 4-1 atas Club Brugge

Ketika peluit bubaran berbunyi, City menegaskan statusnya sebagai tim yang paling rajin menaklukkan Old Trafford di era Liga Premier dengan torehan delapan kemenangan, satu kali lebih banyak dibandingkan Liverpool.

City sementara menanjak ke posisi kedua klasemen dengan raihan 23 poin, menggusur Liverpool (22) yang baru bertanding sehari berselang.

Sedangkan MU gagal menambah koleksi 17 poin yang dimiliki dan terancam digusur dari urutan kelima oleh tim-tim lain, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kedua tim akan beristirahat sejenak selama jeda internasional dua pekan ke depan. MU selanjutnya akan bertandang ke Vicarage Road menghadapi Watford pada 20 November, sedangkan City sehari kemudian menjamu Everton di Etihad.

Baca juga: Kyle Walker nilai kemenangan atas Club Brugge penting untuk Man City
Baca juga: Armstrong bawa Southampton perpanjang derita Villa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021