Banjarmasin (ANTARA) - Kontingen National Paralympic Commite (NPC) Provinsi Kalimantan Selatan sudah meraih dua medali emas cabang olahraga atletik dan bulu tangkis pada ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-XVI tahun 2021 di Provinsi Papua.

"Hari perdana pertandingan di Peparnas Papua hari ini kontingen kita meraih 2 medali emas, 1 medali perak dan 4 medali perunggu," ujar Ketua NPC Kalsel Ahmad Firdaus saat dihubungi, Sabtu.

Dia mengatakan, cabang olahraga atletik meraih paling banyak medali, di mana salah satunya medali emas, 1 medali perak dan 4 perunggu.

Untuk medali emas, ungkap dia, diraih atlet bernama Ansyari klasifikasi F41 pada nomor tolak peluru dengan skor lempar sejauh 8,17 meter.

Baca juga: Kalimantan Selatan raih emas bulu tangkis beregu Peparnas Papua

Sedangkan medali perak diraih Ahmad Jajuli klasifikasi F55 cabang lempar cakram dengan skor lempar sejauh 29,20 meter.

Sementara itu untuk medali perunggu diraih Mulyani klasifikasi T54 pada nomor BKR 400 meter, Dinda Dwi klasifikasi T37 pada lari 400 meter, Faujiansyah klasifikasi F44 pada cabang lempar cakram dan Putri Maulina klasifikasi F57 pada nomor tolak peluru.

Medali emas lainnya didapat pada cabang olahraga bulu tangkis beregu putra.

Sementara itu, pelatih NPC Kalsel cabang olahraga bulu tangkis Ir Budi Haryana mengungkapkan, atlet bulu tangkis beregu putra yang meraih medali emas itu, yakni, Ody Putera Nugraha klasifikasi SU5, M. David Amrullah klasifikasi SU5.

Selanjutnya, M Aditya Marda klasifikasi SL4, Miseran Fauzi klasifikasi SL3 dan Yusran klasifikasi SL3.

"Pada Semi-final mengalahkan juara Peparnas sebelumnya, yaitu Jawa Barat, pada final mengalahkan Sulawesi Selatan dengan skor 2-1," ujarnya.

Dia pun menyebutkan, tim bulu tangkis NPC Kalsel pada Paparnas Papua ini menurunkan sembilan atlet, yakni, 6 putra dan 3 putri.

Baca juga: 217 atlet bulu tangkis disabilitas mulai bertanding di Peparnas XVI

Pewarta: Sukarli
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021