Jakarta (ANTARA) - Barcelona membuang sia-sia keunggulan tiga gol yang sempat mereka miliki dan berakhir ditahan imbang 3-3 oleh tuan rumah Celta Vigo dalam laga pekan ke-13 Liga Spanyol di Stadion Balaidos, Sabtu.

Masih didampingi pelatih interim Sergi Barjuan, Barcelona memimpin 3-0 hingga turun minum berkat gol-gol Ansu Fati, Sergio Busquets dan Memphis Depay, tetapi keunggulan itu terbuang begitu saja karena gawang mereka dibobol dua kali oleh Iago Aspas dan sekali oleh Nolito pada paruh kedua.

Kelalaian menjaga keunggulan tiga gol ini jelas bakal menjadi salah satu pekerjaan yang harus ditangani Xavi Hernandez saat ia memulai tugasnya sebagai juru taktik Barcelona.

Barcelona tertahan di posisi kesembilan klasemen sementara dengan raihan 17 poin, sedangkan Celta naik ke urutan ke-14 dengan 12 poin, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Baca juga: Al-Sadd konfirmasi transfer Xavi Hernandez ke Barcelona

Sejak sepak mula kedua tim langsung tancap gas jual beli serangan dan lima menit pertandingan berjalan Fati mampu membawa Barcelona memimpin lewat tembakan melengkung setelah menerima umpan kiriman Jordi Alba.

Gol itu membuat Barcelona semakin menyerang dan pada menit ke-17 mereka sukses menggandakan keunggulan lewat tembakan Busquets dari tengah kotak penalti yang gagal dijangkau kiper Matias Dituro.

Tiga menit berselang, Celta yang berusaha memberi perlawanan mampu menjebol gawang tim tamu lewat Aspas, tetapi gol itu dianulir karena wasit nilai terlebih dulu melanggar Busquets dalam proses serangan.

Terlalu fokus menyerang, gawang Celta malah kemasukan untuk ketiga kalinya pada menit ke-34 kala Depay menanduk umpan silang matang kiriman Alba.

Tertinggal tiga gol tidak melemahkan mental Celta Vigo. Mereka terus mencoba untuk memperkecil ketertinggalan, tetapi hingga babak pertama usai skor 3-0 tetap bertahan.

Selepas jeda, Eduardo Coudet yang berusaha mengubah keadaan bagi Celta melakukan dua pergantian langsung dengan memasukkan Kevin Vazquez dan Fran Beltran, masing-masing menggantikan Hugo Mallo dan Augusto Solari.

Sedangkan Barjuan menarik keluar Fati dan Eric Garcia digantikan Alejandro Balde dan Ronald Araujo.

Baca juga: Barcelona tertarik datangkan Donny van de Beek Januari mendatang

Sejak sepak lanjut babak kedua, Celta tampil lebih baik menekan pertahanan Barca dan hasilnya pada menit ke-50 Aspas sukses menjebol gawang tim tamu, tapi lagi-lagi gol itu dianulir, kali ini karena offside.

Dua menit berselang, Aspas akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan Celta saat ia menyambar bola liar hasil umpan silang Javier Galan yang gagal diantisipasi sempurna kiper Marc-Andre ter Stegen serta Araujo.

Gol itu membuat Celta semakin bernafsu menyamakan kedudukan dan pada menit ke-69 giliran Nolito yang golnya dianulir oleh para pengadil karena dinilai terlebih dulu mengendalikan bola dengan tangannya.

Lima menit berselang, Nolito akhirnya betul-betul mencatatkan namanya di papan skor dengan menanduk umpan silang kiriman Franco Cervi demi memperkecil ketertinggalan Celta jadi 2-3.

Celta terus tancap gas dan pada menit kelima injury time, kegigihan mereka membuahkan hasil saat tembakan melengkung Aspas menaklukkan Ter Stegen dan memaksakan pertandingan berakhir dengan skor imbang 3-3.

Susunan Pemain:

Celta Vigo (4-1-3-2): Dituro; Galan, Murillo (N.Araujo 70'), Aidoo, Mallo (Vazquez 56'); Tapia (Cervi 65'); Nolito, Suarez, Solari (Beltran 65'); Aspas, Galhardo

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alba, Lenglet, Garcia (R.Araujo 46'), Mingueza; De Jong, Busquets, Gonzalez (Puig 59'); Fati (Balde 46'), Depay, Pablo (Ezzalzouli 80')

Baca juga: Sergio Aguero absen tiga bulan karena masalah jantung
Baca juga: Cadiz petik kemenangan vital di kandang Bilbao

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021