Jakarta (ANTARA) - Norwich City akhirnya merasakan kemenangan perdana di Liga Inggris musim ini seusai menundukkan sesama klub promosi Brentford dengan skor 2-1 dalam laga pekan kesebelas di Stadion Brentford Community, London, Sabtu.

Berambisi menyudahi catatan nirmenang 10 laga awal musim, Norwich langsung menggebrak dan sukses membuka keunggulan pada menit keenam ketika Matthias Normann memanfaatkan bola sapuan tak sempurna Ivan Toney.

Itu jadi kali pertama Norwich memimpin dalam pertandingan mereka di Liga Inggris musim ini dan keunggulan mereka terjaga berkat aksi gemilang kiper Tim Krul mementahkan tembakan jarak dekat Christian Norgaard pada menit ke-13.

Baca juga: Leeds paksa Norwich kian terpuruk di dasar klasemen

Keunggulan itu lantas berganda pada menit ke-29 melalui eksekusi penalti Teemu Pukki, setelah ia dijatuhkan oleh Charlie Goode di dalam kotak terlarang.

Pada menit ke-48, Pukki punya peluang emas menambah keunggulan sayang tembakan silangnya masih melenceng tipis di sisi gawang.

Dua menit berselang, gawang Norwich jebol kemasukan tembakan Bryan Mbuemo, tetapi gol balasan Brentford itu dianulir karena offside.

Baca juga: Lumat Norwich 7-0, Tuchel puas Chelsea tak pernah remehkan lawan


Brentford akhirnya memperoleh gol balasan mereka pada menit ke-60 saat umpan silang Saman Ghoddos mampu diselesaikan Rico Henry di area tiang jauh.

Norwich berjibaku meredam upaya kebangkitan Brentford dan sukses mempertahankan skor 2-1 hingga peluit tanda bubaran.

Kemenangan pertama ini membawa Norwich mentas dari posisi juru kunci klasemen dan naik ke urutan ke-19 dengan koleksi lima poin, menggusur Newcastle United (4) yang baru main di laga lebih larut.

Sedangkan Brentford, yang untuk pertama kalinya sejak 2016 menelan empat kekalahan beruntun, turun ke urutan ke-14 dengan 12 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.



Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Selhurst Park, Palace mampu menajamkan catatan nirkalah kandang mereka di awal musim dengan membungkam Wolverhampton 2-0.

Wilfried Zaha memecah kebuntuan pada menit ke-61 saat menerima umpan terobosan dari James McArthur sebelum memperdaya kiper Jose Sa. Gol itu awalnya dianulir karena hakim garis mengangkat bendera pertanda offside, tetapi tinjauan VAR memastikan keabsahan gol tersebut.

Connor Gallagher mengunci kemenangan Palace lewat golnya pada menit ke-78 saat tembakannya berbelok terkena salah satu bek Wolverhampton sehingga mengecoh Sa dan melesak ke dalam gawang.

Palace menjaga catatan nirkalah dalam enam laga kandang awal musim yang merupakan rekor terbaik mereka di kasta tertinggi.

Tim besutan Patrick Vieira itu naik ke urutan kesembilan klasemen dengan koleksi 15 poin, sedangkan Wolverhampton --yang catatan lima laga nirkalahnya berakhir-- turun ke posisi kedelapan dengan 16 poin.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021