Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig memenangi laga sengit kontra Borussia Dortmund yang berakhir dengan skor 2-1 dalam pekan kesebelas Liga Jerman di Stadion Red Bull Arena, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Christopher Nkunku dan Yussuf Poulsen mencetak gol-gol kemenangan Leipzig, yang hanya bisa dibalas sekali oleh Dortmund melalui sang kapten Marco Reus.

Leipzig, yang melanjutkan tren positifnya dengan tujuh laga tanpa kekalahan, sementara naik ke posisi kelima klasemen berbekal raihan 18 poin.

Sedangkan Dortmund, yang menelan kekalahan pertama dalam lima pertandingan terakhir, tak beranjak dari posisi kedua dengan 24 poin dan semakin tertinggal empat poin Bayern Muenchen yang duduk di puncak, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Klasemen Liga Jerman: Bayern masih duduki puncak dibayangi Dortmund

Tuan rumah mengawali pertandingan dengan cukup dominan dan beberapa kali mengancam lewat Nkunku serta Nordi Mukiele, tetapi kiper Gregor Kobel maish mampu mengamankan gawang Dortmund.

Pada menit ke-29, dominasi Leipzig membuahkan hasil saat Nkunku merangsek ke muka gawang setelah menerima umpan terobosan dari Josko Gvardiol untuk memperdaya Kobel demi membuka keunggulan tuan rumah.

Dortmund nyaris membalas pada menit ke-36 tetapi tembakan Jude Bellingham menyelesaikan umpan Thomas Meunier masih bisa dihadang barisan pertahanan Leipzig.

Baca juga: Dortmund tundukkan Cologne, Wolfsburg menang bersama pelatih baru

Relatif lebih banyak tertekan, Dortmund justru mampu menyamakan kedudukan saat umpan terobosan Meunier diselesaikan dengan sempurna oleh Reus untuk menaklukkan kiper Peter Gulacsi pada menit ke-52.

Gol itu seperti membangunkan Leipzig dari kelengahan mereka tetapi sejumlah percobaan dari Nkunku dan Dominik Szoboszlai masih bisa digagalkan Kobel.

Lantas pada menit ke-64, Nkunku yang berusaha memanfaatkan umpan Poulsen mendapati bola tendangannya menghantam tiang gawang.

Empat menit berselang, Leipzig sukses merestorasi keunggulan mereka lewat sontekan jarak dekat Poulsen menyelesaikan umpan matang kiriman Nkunku.

Baca juga: Penalti saat-saat terakhir gagalkan kemenangan PSG dari Leipzig

Dalam 15 menit terakhir pertandingan, Dortmund berusaha untuk mencetak gol balasan lagi tapi tak satu pun dari delapan percobaan yang mereka lakukan membuahkan hasil dan Leipzig menjaga skor 2-1 hingga peluit bubaran.

Selepas jeda internasional, kedua tim bermain lagi pada 20 November nanti, saat Leipzig bertandang ke PreZero Arena melawan TSG Hoffenheim dan Dortmund menjamu VfB Stuttgart di Signal Iduna Park.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021