Sorong (ANTARA) - Perahu mesin yang mengangkut 10 orang penumpang dari Kota Sorong, Papua Barat dengan tujuan Kabupaten Raja Ampat yang dilaporkan hilang di perairan Raja Ampat telah ditemukan selamat dan dalam keadaan sehat.

Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sorong yang menerima laporan dan melakukan pencarian menyatakan perahu tersebut sudah tiba di tujuan dengan selamat.

Baca juga: Perahu mesin angkut 10 orang dilaporkan hilang di perairan Raja Ampat

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Sorong Mochammad Arifin di Sorong, Minggu, mengatakan bahwa pihaknya telah mendapat laporan dari keluarga bahwa perahu mesin dan semua penumpang telah tiba di Urbinasopen Kabupaten Raja Ampat pada pukul 08.00 WIT dengan selamat.

"Tim Basarnas Sorong bersama personel Polisi Perairan Polda Papua Barat yang melakukan pencarian di perairan Raja Ampat telah kembali ke Sorong," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Sorong menerima laporan pada dini hari pukul 00.30 WIT dari keluarga bernama Petrus Mirino bahwa perahu mesin tersebut hilang kontak di perairan Raja Ampat.

Awalnya perahu mesin tersebut dilaporkan berangkat dari pantai Suprau Kota Sorong dengan tujuan Urbinasopen Kabupaten Raja Ampat pada 6 November 2021 pukul 17.00 WIT.

Baca juga: Perahu mesin dengan 15 penumpang hilang di perairan Raja Ampat

Baca juga: Operasi SAR Biak evakuasi 14 korban selamat perahu motor


Sesuai perkiraan, jarak tempuh perahu mesin berpenumpang 10 orang tersebut tiba di Urbinasopen Kabupaten Raja Ampat pada hari itu juga pukul 19.00 WIT, namun hingga Minggu pagi belum diketahui keberadaannya, sehingga dilaporkan ke pihak Basarnas.

"Setelah menerima laporan tim kami langsung bergerak melakukan pencarian terhadap perahu mesin tersebut sejak pukul 02.30 WIT dengan menggunakan kapal KN SAR Baladewa 238, namun dalam pencarian kapal tersebut dikabarkan sudah tiba dengan selamat di tempat tujuan," ucapnya.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021