Jayapura (ANTARA) - National Paralympic Committee (NPC) Indonesia mendorong adanya sukses regenerasi atlet pada pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) NPC Indonesia Rima Ferdianto di Jayapura, Minggu, mengatakan untuk mendorong hal tersebut dengan penerapan peraturan baru yakni penggolongan atlet yang pernah ikut event internasional ke dalam kategori elite dan atlet baru dalam kategori nasional.

"Atlet elite dibatasi, hanya bisa ikut satu nomor pertandingan sehingga atlet baru memiliki banyak kesempatan untuk menjadi juara di berbagai nomor yang ada," katanya.

Baca juga: Leani Ratri nilai kebijakan Peparnas Papua baik untuk regenerasi atlet

Menurut Rima, maka secara otomatis atlet baru tersebut akan termotivasi bersaing dengan senior yang ada di NPC pusat.

"Di sinilah dapat diketahui atlet yang memiliki potensi besar dan level kompetitifnya, sehingga mendapat kualitas atlet yang setara dengan atlet kategori elite," ujarnya.

Dia menjelaskan dengan begitu, hal ini juga dapat menghindari adanya praktik atau transaksi jual beli atlet dan akhirnya memonopoli perolehan medali mengingat atlet tersebut sudah sering bertanding.

"Diharapkan sistem atau peraturan baru ini dapat mendorong regenerasi atlet dengan lebih cepat," katanya lagi.

Dia menambahkan tujuan lain dari peraturan baru sukses regenerasi ini adalah dapat menunjukkan NPC daerah yang mana yang melakukan pembinaan atlet secara baik.

Baca juga: Jendi Pangabean berharap kebijakan Peparnas Papua bisa jaga regenerasi
Baca juga: Menko PMK berharap banyak rekor pecah di Peparnas Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021