Jakarta (ANTARA) - Pos Pemantau Pintu Air Manggarai Jakarta Selatan mengantisipasi peningkatan debit air karena tinggi muka air di Pos Pemantau Pintu Sungai (PS) Depok  terpantau berstatus siaga 2, pada Minggu malam.

"Tinggi muka air di Pintu Air Manggarai pada level 663 cm atau masih berstatus normal, pada pukul 19.35 WIB malam ini," kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) UPK Badan Air Jakarta Pusat, Farry Andhiko, saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

Menurut Farry, tinggi muka air di Pintu Air Manggarai masihj normal, tapi tinggi muka air di Pintu Sungai Depok mencapai 270 cm atau sudah berstatus siaga 2 sejak pukul 18.00 WIB. "Kami mengantisipasinya di Manggarai," katanya.

Karena itu, Pos Pemantau Pintu Air Manggarai berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta dan BPBD DKI Jakarta untuk mengantisipasi kenaikan debit air di Sungai Ciliwung.

Baca juga: TMA di Pintu Air Manggarai Jakarta masih normal

Sementara itu, sejumlah alat berat atau eskavator dan truk pengangkut sampah telah disiagakan di Pintu Air Manggarai. "Ada tiga alat berat dan tujuh armada truk yang siaga hari ini, terdiri dari lima truk besar dan dua truk kecil untuk mengangkut sampah," kata Farry.

Sebelumnya, sejumlah wilayah di DKI Jakarta diguyur hujan dengan intensitas deras pada Minggu siang hingga sore.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan potensi hujan deras disertai petir dan angin kencang di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat, pada Minggu sore.

Baca juga: Debit air naik, sampah kiriman di pintu air Manggarai menumpuk
Baca juga: Dinas LH DKI siagakan 8.945 petugas tangani sampah musim hujan

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021