Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Selatan mengerahkan satu unit mobil pompa untuk membantu proses penyedotan genangan air banjir di Kompleks Pondok Karya, Mampang, Jakarta Selatan, Minggu.

Kepala Seksi Pengendalian Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Sugeng, mengatakan, pengerahan mobil pompa air tersebut untuk mempercepat surutnya genangan air banjir lokasi tersebut.

"Kalau unit pompanya cuma satu tapi pendukungnya ada tiga unit, termasuk mobil pompa kami dan perahu karet. Saat dibutuhkan masyarakat kita sudah siap," katanya, di Jakarta, Minggu.

Salah seorang warga mengatakan, genangan air banjir itu mulai menggenang sejak sekitar pukul 14.00 WIB.

Menurut dia, hujan deras yang mengguyur Jakarta Minggu siang menyebabkan banjir menggenangi rumah warga hingga mencapai 1,5 meter.

"Sekarang kendaraan sudah bisa lewat, kalau tadi mobil tidak bisa lewat," kata dia.

Pantauan di lokasi, Sudin Sumber Daya Air juga mengerahkan satu unit mobil pompa untuk mempercepat surutnya air di lokasi tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dan Sudin Gulkamart Jakarta Selatan pun telah menyiagakan sejumlah petugas berikut perahu karet, untuk mengevakuasi warga bila terjadi banjir yang lebih tinggi.

Baca juga: Delapan RT di Jakarta Selatan terendam banjir akibat hujan deras
Baca juga: Kampung Duku Kebayoran Lama Utara dilanda banjir satu meter

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021