Lombok Tengah (ANTARA) - Pebalap Spanyol Pedro Acosta dari tim Red Bull KTM Ajo meraih gelar juara dunia Moto3 di usia 17 tahun pada Minggu setelah memenangi Grand Prix Algarve di Portugal.

Acosta menjuarai enam dari 17 balapan dalam musimnya sebagai rookie di kategori tersebut dan melintasi finis terdepan di Algarve setelah satu-satunya saingan terdekatnya, Dennis Foggia asal Italia, terjatuh sehingga kehilangan peluang dalam perebutan titel.

Di usia 17 tahun 166 hari, Acosta menjadi juara dunia termuda kedua di kategori motor setelah Loris Capirossi asal Italia yang memegang rekor tersebut dengan selisih satu hari.

Juara dunia MotoGP enam kali Marc Marquez, yang menjadi juara dunia MotoGP termuda ketika ia meraih titel pertamanya di usia 20 tahun, telah melihat potensi kompatriotnya asal Spanyol tersebut.

"Dia akan segera naik ke MotoGP dan ketika dia lakukan itu, jika dia terus tampil seperti ini, dia akan menyulitkan," kata Marquez memprediksi di awal musim.

Demikian hasil balapan Moto3 seperti dikutip AFP:

1. Pedro Acosta (ESP/KTM) en 38:04,339, 2. Andrea Migno (ITA/Honda) at 0,354 detik, 3. Niccolo Antonelli (ITA/KTM) 0,880, 4. Jeremy Alcoba (ESP/Honda) 1,768, 5. Izan Guevara (ESP/GasGas) 1,839

klasemen Moto3

1. Pedro Acosta (ESP/KTM) 259 poin (world champion), 2. Dennis Foggia (ITA/Honda) 213, 3. Sergio Garcia (ESP/GasGas) 168, 4. Romano Fenati (ITA/Husqvarna) 156, 5. Jaume Masia (ESP/KTM) 155

Baca juga: Acosta menangi pertarungan ketat dengan Garcia di GP Styria
Baca juga: Juarai GP Austria, Garcia balas kekecewaan pekan lalu di Red Bull Ring
Baca juga: Acosta juarai GP Jerman, Indonesian Racing kehilangan podium

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021