Mataram (ANTARA) - Atlet atletik lari nomor 400 meter Tuna Grahita (T-20) Zakaria meraih medali emas pertama bagi kontingen Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua.

Zakaria menang dengan catatan waktu 50.77 detik. Atlet asal Kabupaten Sumbawa ini memecahkan rekor Peparnas XV Jawa Barat tahun 2016 atas nama Felypus Kolymau dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan catatan waktu 50.99 detik.

"Pada prinsipnya, seluruh atlet kontingen NTB dengan segala daya dan upaya berjuang menorehkan prestasi terbaik," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi NTB Surya Bahari dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Mataram, Senin.

Baca juga: Gubernur NTB lepas 18 atlet Peparnas ke Papua 

Ia mengatakan dalam ajang Peparnas Papua, Provinsi NTB menargetkan dua medali emas, dan ia pun mengharapkan doa serta dukungan dari masyarakat NTB agar para atlet NTB bisa mewujudkan target tersebut.

"Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat untuk pertandingan berikutnya agar atlet kita bisa mengharumkan nama derah NTB tercinta," ujar Surya.

Provinsi NTB mengirimkan 18 atlet di Peparnas Papua, dan akan mengikuti enam cabang olahraga, yaitu atletik (11 atlet), tenis meja (2 atlet), renang (2 atlet), bulu tangkis (6 atlet), boccia (2 atlet), catur (4 atlet) serta sejumlah ofisial, pelatih dan pengurus. 

Baca juga: Lima rekornas pecah pada hari pertama renang Peparnas Papua 
Baca juga: Atlet Jawa Barat raih emas pertama cabang renang Peparnas Papua 

 

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021