Jayapura (ANTARA) - Tim Papua mendominasi perolehan medali Peparnas cabang olahraga judo tunanetra setelah berhasil mengamankan 2 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu pada hari pertama cabang olahraga tersebut, Senin.
 
Di peringkat kedua klasemen medali judo tunanetra Peparnas diisi oleh Jawa Barat yang berhasil mengumpulkan 1 medali emas dan 2 medali perunggu. Di posisi ketiga dihuni oleh Riau yang memiliki raihan sama dengan Jawa Barat.
 
Hari pertama Peparnas cabang olahraga judo tunanetra digelar di Stadion Trikora UNCEN, Jayapura dengan mempertarungkan empat kategori yang rampung digelar sekitar pukul 14.00 WIT.

Baca juga: Jadwal Peparnas cabang olahraga judo - empat nomor dipertandingkan
 
Pada kategori putra kelas 50kg, atlet Papua Yovan Rate Aziz berhasil menyabet medali emas setelah mengalahkan Nor Hasan dari Kalimantan Selatan yang berhak atas medali perak, sedangkan medali perunggu berhak didapatkan oleh Ishadi asal Riau dan Riscar Aditia Utama asal Jawa Barat.
 
Selanjutnya ada kategori putra kelas 55kg yang medali emasnya berhasil didapatkan oleh Junaedi asal Papua, medali perak didapatkan oleh Herman Halawa dari Sumatera Utara, sedangkan medali perunggu didapatkan oleh Angga Mulyana dari Jawa Barat dan Lutfi Gazali Rahman asal Kalimantan Selatan.
 
Pada kategori putri kelas 43kg, medali emas berhasil didapatkan oleh atlet Riau, Amiyah, lalu medali perak didapatkan Marialam Sihotang dari Sumatera Utara dan medali perunggu didapatkan oleh Asri Anada Putri dari DKI Jakarta serta Triana Puspitasari dari Papua.

Baca juga: Peparnas Papua cabang olahraga judo tunanetra sudah siap 90 persen
 
Di kategori putri kelas 45kg, atlet asal Jawa Barat Mariani berhasil mengamankan medali emas, yang disusul oleh Aldia Fantika Rahmasari asal Papua yang mendapatkan perak dan medali perunggu didapatkan oleh Nurhayati Sitinjak asal Riau.
 
Pertandingan cabang olahraga judo tunanetra Peparnas masih akan digelar hingga Sabtu (13/11) an masih menyisakan 12 nomor untuk dipertandingkan.
 
Pada cabang olahraga judo tunanetra, total terdapat setidaknya 20 nomor pertandingan untuk putra dan putri yang akan memperebutkan total 112 medali dengan rincian 28 emas, 28 perak dan 56 perunggu.

Baca juga: Tiga kelompok gangguan pengelihatan ikuti judo tunanetra Peparnas XVI

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021