Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin upacara terima jabatan (sertijab) dan pengambilan sumpah Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia, Jakarta, Senin.

Upacara serah terima jabatan itu merupakan tindak lanjut dari Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/816/IX/2021 yang menetapkan Marsda TNI Kusworo menjabat sebagai Aspers Panglima TNI menggantikan Marsdya TNI A Gustaf Brugman. Surat keputusan itu diteken oleh Panglima TNI pada 13 September 2021.

Kusworo sebelumnya menjabat sebagai Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kepala Staf TNI AU (Kasau).

Baca juga: Panglima TNI pastikan Lombok Tengah siap gelar 3 balap dunia

Usai serah terima jabatan, Aspers Panglima TNI yang baru lanjut menandatangani pakta integritas dan berita acara sertijab.

Marsda TNI Kusworo juga melakukan pengambilan sumpah jabatan, yang dipimpin langsung oleh Hadi Tjahjanto.

Dalam kegiatan yang sama, Panglima TNI memberi cinderamata dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Marsdya TNI A Gustaf Brugman atas dedikasinya selama bertugas sebagai Aspers Panglima TNI.

Dalam upacara itu, beberapa pejabat tinggi yang hadir antara lain Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono, Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Kababinkum TNI Mayjen TNI Wahyoedho Indrajit, Danpuspom TNI Laksda TNI Nazali L, dan Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Benny Octaviar.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto masih aktif menjalani tugasnya sebagai panglima TNI menjelang masa purna baktinya pada bulan ini.

Tidak hanya memimpin sertijab dan pengambilan sumpah jabatan, Panglima rutin meninjau penanganan COVID-19 dan vaksinasi massal di berbagai daerah, serta membantu Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan keamanan dan ketertiban di beberapa wilayah yang menjadi lokasi acara-acara skala dunia.

Dalam kegiatannya berkunjung ke daerah-daerah di wilayah Sumatera sampai Papua, Hadi juga menyempatkan bertemu dengan pasukan TNI dan memberi arahan serta pesan kepada mereka agar tetap profesional selama bertugas.

Baca juga: Panglima TNI apresiasi peran tokoh agama Labuan Bajo jaga keharmonisan
Baca juga: Panglima TNI menerima kunjungan kehormatan Panglima AB Australia

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021