63 tahun hubungan diplomatik dan 15 tahun Kemitraan Strategis Indonesia dan Jepang, rasa saling pengertian dan kerja sama saling menguntungkan terus terjalin
Jakarta (ANTARA) - Kerja sama strategis antara Indonesia dan Jepang yang saling menguntungkan terus terjalin, ujar Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi.

Hal tersebut disampaikan Dubes Heri Akhmadi saat menghadiri resepsi perayaan Hari Ulang Tahun  ke-76 Kemerdekaan RI  yang diselenggarakan oleh Kyushu-Indonesia Friendship Association (KIFA) di Fukuoka, Jepang pada Senin (8/11).

“63 tahun hubungan diplomatik dan 15 tahun Kemitraan Strategis Indonesia dan Jepang, rasa saling pengertian dan kerja sama saling menguntungkan terus terjalin. Peran KIFA dan Bapak Nishimura sebagai Konsul Kehormatan juga instrumental bagi tercapainya peningkatan kerja sama ini,” ungkap Dubes Heri dalam keterangan tertulis dari KBRI Tokyo yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Perusahaan Jepang diajak kembangkan usaha di Indonesia

Dubes Heri yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tokyo Himan Tisnawan, perwakilan Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Tokyo dan sejumlah pejabat KBRI lainnya mengapresiasi kontribusi KIFA dalam mempererat hubungan persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dan Jepang khususnya dengan Prefektur Fukuoka.

Dubes Heri dalam sambutannya juga menekankan 3 (tiga) sektor potensial yang dapat dikembangkan antara Indonesia dengan Kyushu, yakni sektor perikanan, sektor energi dan sektor tenaga kerja.

Konsul Kehormatan Indonesia untuk wilayah Fukuoka Nishimura Matsuji bersyukur perayaan HUT ke-76 RI terlaksana dengan baik.

"Ini adalah pertama kalinya kita bisa merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sejak Pandemi COVID-19 dua tahun yang lalu. Saya berharap kerja sama nyata Indonesia dan Jepang untuk promosi kerja sama ekonomi semakin terjalin. Sehingga target zero carbon emission bisa dicapai secara efektif bahkan di pulau-pulau terpencil di mana pengenalan energi terbarukan dibutuhkan," ujar Nishimura Matsuji yang juga Ketua Asosiasi Persahabatan Kyushu – Indonesia.

Perayaan HUT ke-76  RI di Fukuoka dimeriahkan dengan penampilan kesenian angklung dan Tari Saman yang dipersembahkan oleh PPI Fukuoka.

Dubes Heri juga berkesempatan untuk bersapa dengan diaspora Indonesia di Fukuoka dan kalangan warga Indonesia Jepang di Fukuoka.

Baca juga: Warga Jepang di Yamanashi antusias saksikan wayang, gamelan
Baca juga: Gandeng "startup", KBRI Tokyo promosikan produk Indonesia di Jepang

 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021