Dengan mereka senam itu, bisa melatih fisik mereka untuk kuat tetapi sambil senam, mereka berkumpul sambil tertawa ini sebetulnya yang membangun pikiran positif mereka
Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)  Nopian Andusti mengatakan senam sehat dapat membantu penduduk lanjut usia (lansia) terhindar dari penyakit diabetes dan meningkatkan kebahagiaan.

“Dengan mereka senam itu, bisa melatih fisik mereka untuk kuat tetapi sambil senam, mereka berkumpul sambil tertawa ini sebetulnya yang membangun pikiran positif mereka,” kata Nopian saat ditemui ANTARA di Jakarta, Selasa.

Nopian mengatakan diabetes merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun dapat ditangani dengan mengontrol kadar gula yang ada di dalam tubuh para lansia dalam kadar yang normal melalui perubahan gaya hidup yang sehat yakni berolahraga ringan.

Baca juga: BKKBN: Diabetes yang diderita lansia tergantung pola asuh keluarga

Melalui senam sehat, para lansia akan mendapatkan serangkaian gerakan yang teratur, terarah serta terencana baik dilakukan saat sendiri maupun berkelompok. Dia mengatakan, gerakan pada senam lansia, dapat meningkatkan kemampuan fungsional fisik bagi lansia yang menjalankannya.

Senam sehat juga bisa membantu menjaga keseimbangan tubuh, mencegah penyakit maupun komplikasi seperti penyakit jantung, meningkatkan fungsi kognitif maupun cara kerja otak pada lansia juga mencegah terjadinya depresi karena lansia merasa bahagia.

Menurut Nopian selain membantu mengontrol kadar gula, senam sehat membuat lansia bertemu dengan orang yang memiliki usia sama sehingga mampu memberikan kebahagiaan melalui kedekatan batin lewat kisah-kisah hidup yang diceritakan terhadap satu sama lain.

Saat melakukan senam sehat, lansia juga akan lebih merasa bahwa dirinya lebih sehat dan bermanfaat bagi lingkungan karena dapat melakukan suatu hal yang berguna tanpa ada bantuan dari orang lain.

“Ketika mereka dianggap masih terbukti bermanfaat bagi keluarganya dan lingkungan, senam sehat ini salah satu yang menyebabkan kebahagiaan mereka sendiri. Ini salah satu faktor yang dapat menyiasati mereka tetap pada kondisi prima,” tegas Nopian.

Baca juga: Menkes akan kejar mati-matian vaksinasi lansia

Koordinator Pelembagaan Bina Ketahanan Keluarga Lansia dan Rentan BKKBN Elsa Pongtuluran mengatakan semakin lansia bahagia, semakin tinggi pula imun yang dimiliki sehingga lansia dapat menjadi lebih sehat.

“Iya, itu benar. Hormon stres itu lepas sehingga imun terbangun. Oleh karena itu, saat pandemi diharapkan imun kita itu meningkat. Jadi kita harus membangun pola pikir yang positif,” kata Elsa.

Elsa menegaskan, penting bagi para lansia untuk berkumpul dan melakukan suatu aktivitas bersama-sama sehingga lansia, dapat mengurangi rasa kesepian dan mendapatkan informasi-informasi baru di sekitarnya, salah satunya melalui senam sehat.

Ia berharap, semua pihak tidak mencegah lansia untuk melakukan suatu hal bermanfaat yang berdampak baik pada fisik maupun psikologis, sehingga lansia menjadi terus bahagia dan memiliki pengetahuan menjalani pola hidup sehat.

“Berkumpul pada suatu komunitas itu meningkatkan kepercayaan diri dari pada lansia dan juga lansia bisa beraktivitas dan selalu bisa berfikiran positif tidak merasa sendiri,” ucap dia.

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021