kemitraan ini akan menghadirkan produk dan layanan digital baru dan luar biasa yang dibutuhkan bisnis ini untuk berkembang
Jakarta (ANTARA) - Indosat Ooredoo dan Google Cloud mengumumkan kemitraan strategis baru untuk mempercepat transformasi digital di seluruh segmen konsumen dan UMKM di Indonesia.

Sejalan dengan tujuan program pengembangan ekonomi digital Pemerintah Indonesia, kemitraan ini akan melayani UMKM Indonesia sebagai segmen target prioritas, dan mencakup banyak bidang yang menjadi inti dari keunggulan kedua perusahaan.

“Kami memahami dampak signifikan pandemi terhadap UMKM di Indonesia dan kemitraan ini akan menghadirkan produk dan layanan digital baru dan luar biasa yang dibutuhkan bisnis ini untuk berkembang," kata President Director and CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Dikatakan, melalui kemitraan ini, Indosat Ooredoo akan menawarkan solusi digital UMKM berbasis cloud dan berkemampuan 5G yang akan memberdayakan model bisnis baru dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan pasar dan peluang baru yang sebelumnya tidak mungkin.

Pilar kemitraan strategis yang disepakati akan mendorong kedua perusahaan bekerja sama untuk transformasi UMKM Indonesia secara digital di seluruh proses bisnis dan Indosat Ooredoo-Google Cloud akan menciptakan loka pasar yang dipersonalisasi dengan penawaran software-as-a-service dengan tujuan mendigitalkan UMKM sepenuhnya sejak mereka memulai bisnis mereka, dan di setiap tahap perjalanan bisnis mereka.

Kedua perusahaan akan membangun portofolio solusi 5G edge computing yang menyatukan jaringan Indosat Ooredoo, teknologi terdepan Google Cloud, dan edge computing untuk membantu perusahaan mengatasi tantangan bisnis nyata di seluruh industri.

"Dengan menghadirkan komputasi dan kemampuan Google Cloud yang canggih, pelaku bisnis dapat memindahkan infrastruktur dari lokasi terpusat ke edges ini dan menjalankan aplikasi lebih dekat ke pengguna, serta membangun pengalaman yang mengubah industri ritel, perawatan kesehatan, manufaktur, hiburan, dan banyak lagi," katanya.

Aspek kunci lainnya dari pilar kemitraan ini adalah Indosat Ooredoo dan Google Cloud menjajaki pengembangan managed services B2B security untuk meningkatkan ketahanan mereka dan melindungi perusahaan dari risiko keamanan siber.

Untuk melanjutkan inovasinya dan membangun organisasi yang mengutamakan cloud, Indosat Ooredoo akan memodernisasi infrastruktur dan aplikasinya di Google Cloud. Secara khusus,keduanya akan menetapkan peta jalan yang jelas untuk modernisasi data analitik tingkat lanjut dan adopsi AI/ML yang akan meningkatkan operasi inti, biaya, dan pengalaman pelanggan.

Baca juga: Kominfo minta Indosat- 3 tetap ikuti prinsip bisnis sehat usai merger
Baca juga: Kominfo setujui merger Indosat dan Tri
Baca juga: Analis: Momentum pertumbuhan bisnis Indosat terus berlanjut

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021