Bandung (ANTARA News) - Tuan rumah Persib Bandung kalahkan Persiwa Wamena 5-2 (2-0) pada lanjutan Kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2010-2011 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Kamis.

Miljan Radovic menjadi bintang kemenangan tuan rumah Persib dengan mencetak tiga gol pada menit ke-8, 77 dan menit ke-90.

Sedangkan Hilton Moriera mencetak gol spektakuler pada sentuhan pertamaya setelah masuk menit ke-74. Satu gol lainnya diciptakan Airlangga Sucipto menit ke-36.

Pertandingan yang dipimpin wasit Jumadi Efendi dan disaksikan sekitar 12.000 penonton itu berlangsung dalam tempo sedang dibawah guyuran hujan yang turun sejak awal pertandingan.

Rotasi pemain yang dilakukan pelatih Persib, Daniel Roekito cukup efektif. Pelatih asal Rembang itu mengistirahatkan striker Christian Gonzales, Airlangga yang menggantikanya tampil padu di lini depan berduet dengan Matsunaga Shohei.

Persib yang tidak diperkuat bek Abanda Herman mampu melakukan start dengan baik dan mencetak gol cepat melalui tembakan langsung Miljan Radovic.

Penguasaan bola tuan rumah cukup dominan pada babak pertama, gol kedua lahir tercipta setelah Airlangga melakukan solo run memanfaatkan kelengah sektor kanan pertahanan Persiwa yang kosong.

Namun memasuki babak kedua, Persiwa yang dilatih Suharno bangkit dan menggebrak sehingga memaksa pertahanan tuan rumah jatuh bangun. Kepanikan tuan rumah mencapai klimaksnya ketika terjadi gol Persiwa menit ke-60 melalui Ferdinan Sinaga.

Pemain yang dibesarkan Persib Bandung Yunior itu membobol gawang Persib setelah memanfaatkan kesalahan koordinasi lini belakang Maung Bandung untuk membuka peluang timnya meraih poin.

Kepanikan tuan rumah kembali menuai "petaka" ketika serangan balik Persiwa gagal diantisipasi Maman dkk. Kiper Cecep Supriatna yang menyongsong gagal menghalau bola ke lokasi aman, Habel Satya melakukan tembakan jarak jauh dari tengah lapangan yang gagal dijangkau Cecep yang terlanjur maju ke depan.

Namun pergantian pemain yang dilakukan Persib efektif, Hilton Moriera dan Siswanto masuk menggantikan Gilang dan Isnan Ali.

Akhirnya, ritme dan mental bertanding Persib kembali bangkit setelah gol Hilton Moriera yang membuat posisi menjadi 3-2, kemudian dimantapkan dengan gol Miljan menit ke-77 dan gol penutupnya menit ke-90.

Hingga pluit panjang dibunyikan wasit Jumadi Effendi kedudukan tetap 2-5 untuk kemenangan Persib. Wasit mengeluarkan kartu merah kepada Habel Satya (Persipura) dan kartu kuning Boakay Edi Foday (Persiwa), Cecep Supriatna (Persib).



Susunan pemain Persib: Cecep Supriatna (kiper), Maman Abdurahman, Nova Aryanto, Wildansyah, Gilang Angga/ Hilton, Isnan Ali/ Siswanto, Hariono, Miljan Radovic, Atep, Airlangga, Matsunaga Shohei.

Persiwa: Galih Firmansyah (kiper), Sasa Sacevic, Yesaya Desman, Firly Apriansyah, Imanuel Padwa, Tomoyuki Sakai, Erick Weeks, Supriadi, Isak Konon, Boakay Edi Foday, Ferdinand Sinaga. (S033/K005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011