Jakarta (ANTARA) - Pizza umum dikenal dengan bentuknya yang bulat disertai saus tomat dengan taburan topping berupa daging sapi, jamur, maupun sayuran.

Makanan yang tergolong cepat dalam penyajiannya itu termasuk populer hampir di seluruh penjuru dunia, selain menjadi solusi penghilang rasa lapar rupanya pizza juga telah menjadi bagian dari budaya populer.

Meski dikenal dengan bentuk bulatnya yang pipih dan khas, makanan khas Italia itu telah mengalami banyak modifikasi dan menjadi daya tarik baru.

Mengutip siaran pers dari Panties Pizza, Rabu, berikut empat tipe Pizza yang sudah dimodifikasi dan jarang diketahui banyak orang.

Baca juga: Lifter India dapat bonus pizza seumur hidup usai raih perak Olimpiade

Pizza Siciliana

Berbeda rupa dengan pizza pada umumnya, Pizza Siciliana atau yang juga biasa disebut Sfincione disajikan dalam bentuk persegi panjang dengan crust atau pinggiran yang tebal.

Selain itu, teksturnya juga lebih kenyal jika dibandingkan dengan adonan pizza biasa. Setiap gigitannya terasa empuk saat dimakan bersama dengan keluarga.

Pizza Romana

Dari cara penyajiannya, Pizza Romana ditempatkan pada loyang berbentuk lingkaran ataupun persegi panjang seperti Pizza Siciliana.

Keunikan pizza khas Kota Roma ini terletak pada tipisnya adonan roti sehingga menghasilkan tekstur luar dalam yang renyah layaknya biskuit.

Dalam proses pembuatannya, adonan Pizza Romana telah melalui proses fermentasi selama dua hari untuk menghasilkan adonan yang lebih krispi ketika keluar dari oven.

Saking tipisnya jenis pizza ini, seringkali orang merasa tidak kenyang ketika makan Pizza Romana sehingga hanya disajikan sebagai appetizer atau makanan pembuka.

Baca juga: Osaka ingin rayakan kemenangan dengan pizza, tidur, dan anime

Chicago Pizza

Sesuai dengan namanya, pizza ini berasal dari luar benua Eropa tepatnya Kota Chicago di Amerika Serikat.

Pizza Chicago juga dikenal dengan nama Deep Dish Pizza memiliki ciri khas topping yang diletakkan di dalam adonan crust yang tebal dan tinggi, kemudian diselimuti lapisan saus tomat berlimpah sehingga terlihat seperti kue pai.

Satu potong saja sudah bisa membuat perutmu kenyang.

Calzone Pizza

Jenis pizza yang satu ini bisa dikatakan memiliki bentuk paling unik dari pizza lainnya.

Berasal dari Naples, Italia, Pizza Calzone juga dikenal sebagai pizza lipat karena bentuknya yang setengah lingkaran.

Keunikan Pizza Calzone terletak pada topping, seperti saus tomat, keju mozarella, daging olahan, dan sayuran yang dijadikan sebagai isian atau filling di dalam adonan roti. Sekilas, bentuk Pizza Calzone ini juga menyerupai jajanan khas Indonesia, yaitu kue pastel.


Baca juga: Restoran pizza di Spanyol gunakan aplikasi sebagai pelayan virtual

Baca juga: Saham Pizza Hut anjlok, emiten pengelola berharap investor lebih bijak

Baca juga: Cara membuat pizza dari mie instan


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021