Jakarta (ANTARA) - Microsoft telah mengumumkan kehadiran Surface Laptop SE, notebook dengan harga terjangkau yang berjalan pada sistem operasi baru.

Dikutip Gizmochina, Rabu, Surface Laptop SE berjalan pada Windows 11 SE yang sepenuhnya baru. Sistem operasi tersebut utamanya dirancang untuk siswa. Oleh karena itu, Surface Laptop SE akan dijual secara eksklusif untuk sekolah dan pelajar.

Microsoft Surface Laptop SE memiliki layar LCD TFT 11,6 inci yang menghasilkan resolusi HD 1366 x 768 piksel dan aspek rasio 16:9. Hal ini didukung oleh prosesor Intel Celeron N4020.

Notebook ini hadir dengan pilihan RAM 4 GB atau 8 GB dan pilihan penyimpanan eMMC 64 GB atau 128 GB. Terdapat fitur kamera HD 1-megapiksel untuk panggilan video.

Untuk konektivitas, Surface Laptop SE menawarkan port USB-A, port USB-C, port DC, dan jack audio 3,5mm. Notebook ini memiliki berat 1.11kg dan menjanjikan hingga 16 jam waktu siaga.

Surface Laptop SE dijadwalkan akan dirilis di pasar seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Jepang pada awal 2022.

Model dasar 4GB + 64GB akan dibanderol 249 dollar AS (Rp3,5 juta), sedangkan varian 8GB + 128GB akan dijual dengan harga 329 dollar AS (Rp4,6 juta).

Di masa depan, merek seperti Acer, Dell, HP, Lenovo, Fujitsu, Positivo, dan JK-IP juga akan merilis laptop yang ditenagai oleh Windows 11 SE.



Baca juga: Microsoft akhiri pembaruan OneDrive di Windows 7 dan 8 bulan Maret

Baca juga: Sega - Microsoft eksplorasi penggunaan "cloud" untuk game

Baca juga: Microsoft geser Apple sebagai perusahaan paling berharga di dunia

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021