AHY temani SBY obati kanker di AS, sebut kondisi ayahnya stabil

AHY temani SBY obati kanker di AS, sebut kondisi ayahnya stabil

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan perkembangan kondisi ayahnya, Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui rekaman video yang disiarkan saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (10/11/2021). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Alhamdulilah, Bapak SBY saat ini dalam kondisi yang stabil.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemani ayahnya Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjalani perawatan kanker prostat di Mayo Clinic Rochester, Amerika Serikat, dan menyampaikan kondisi SBY stabil menjelang operasi.

“Saran Tim Dokter Kepresidenan, beliau dimohon untuk melakukan pengobatan di Rumah Sakit Mayo Clinic. Alhamdulilah, Bapak SBY saat ini dalam kondisi yang stabil,” kata AHY melalui rekaman video dari Rochester sebagaimana disiarkan saat jumpa pers di Jakarta, Rabu.

AHY menerangkan sejak Selasa (9/11) ia menemani ayahnya menjalani pemeriksaan kesehatan awal. Pemeriksaan itu merupakan tahapan sebelum SBY menjalani operasi.

Walaupun demikian, AHY tetap menjalani tugasnya sebagai ketua partai secara virtual.

“Saya tetap memimpin jalannya organisasi Partai Demokrat. Bahkan sehari setelah mendarat di Amerika, saya langsung memimpin pelaksanaan beberapa musyawarah daerah maupun fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan, Red.) calon ketua DPD Partai Demokrat,” ujar AHY.

Tidak hanya AHY, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas juga menemani ayahnya berobat di Mayo Clinic Rochester, AS.

Mayo Clinic merupakan rumah sakit dan lembaga nonprofit yang memadukan pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian. Kampus dan rumah sakit utama Mayo Clinic tersebar di beberapa negara bagian di AS, di antaranya Rochester, Minnesota; Scottsdale dan Phoenix di Arizona; dan Jacksonville di Florida.

Mayo Clinic merupakan salah satu tempat perawatan dan riset kanker prostat ternama di dunia.

SBY minggu lalu didiagnosa oleh tim dokter mengidap kanker prostat stadium awal. Tim dokter yang merawat SBY di Indonesia pun merekomendasikan ia dirawat di Mayo Clinic.

Usai mendapat rekomendasi itu, SBY melaporkan rencananya berobat ke luar negeri kepada Presiden Joko Widodo.

Presiden mendukung dan memerintahkan Tim Dokter Kepresidenan turut mendampingi pengobatan SBY di Rochester, Amerika Serikat.
Baca juga: SBY didiagnosis idap kanker prostat dan akan berobat ke luar negeri
Baca juga: AHY sampaikan terima kasih atas simpati dan doa terhadap kesehatan SBY

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Setneg: Pengobatan SBY ditanggung negara sepenuhnya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar