Mataram (ANTARA) - PT XL Axiata (Tbk) memastikan jaringan telekomunikasi 4G dalam kondisi prima untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan World Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika International Street Sircuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 19-21 November 2021.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, melalui keterangan resmi yang diterima di Mataram, Rabu, menjelaskan event WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika telah lama ditunggu oleh publik Indonesia, dan dunia.

"Sudah selayaknya, XL Axiata sebagai operator dengan jumlah pelanggan terbesar di Lombok, juga memberikan dukungan penuh dengan menyediakan jaringan 4G secara memadai. Sebagai bagian dari masyarakat Lombok, kami juga ikut bergembira dengan hadirnya ajang dunia di sirkuit yang juga spektakuler itu," katanya.

Untuk mendukung suksesnya WSBK, kata dia, pihaknya sudah membangun sembilan "Base Transceiver Station" (BTS) 4G untuk menjangkau seluruh Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Termasuk sirkuit dan area wisata di sekelilingnya, di mana di dalamnya terdapat puluhan hotel besar dan kecil, restoran, dan berbagai penunjang pariwisata lainnya.

XL Axiata juga menyiagakan satu unit mobile BTS atau infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara peranti komunikasi dan jaringan operator untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap dunia tersebut berlangsung.

Gede menambahkan potensi lonjakan trafik di area Mandalika sangat mungkin bisa terjadi saat kedua event balap dunia, WSBK dan MotoGP, berlangsung. Meskipun mungkin penonton di dalam sirkuit masih dibatasi, namun kemungkinan besar masyarakat lokal maupun dari luar Lombok akan tetap berdatangan ke Mandalika.

"Event besar tersebut juga akan bisa menarik wisatawan asing untuk datang. Semakin banyak orang datang ke area tersebut, kebutuhan atas jaringan data yang berkualitas juga dipastikan akan meningkat," ujarnya.

Ia mengatakan peningkatan kualitas jaringan 4G tidak hanya sebatas di Mandalika. Pihaknya juga memperluas jaringan 4G ke seluruh penjuru Lombok, baik untuk peningkatan kualitas layanan data dan suara di wilayah perkotaan, maupun perluasan ke area-area yang sebelumnya memang belum terjangkau.

Saat ini, di 54 kecamatan dan lima kabupaten/kota di Lombok, telah terlayani oleh layanan 4G XL Axiata. Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G.

Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat, mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten/kota yang ada di Lombok.

Gede mengatakan khusus untuk BTS-BTS yang menjangkau area sirkuit Mandalika, pihaknya akan menerapkan teknologi terbaru, yaitu Massive MIMO. Dengan teknologi tersebut, ke depannya dapat memberikan layanan data yang lebih baik karena dapat meningkatkan kapasitas data.

"Keberadaan jaringan 4G di Mandalika, dan seluruh desa/kelurahan di Lombok, juga merupakan implementasi atas komitmen XL Axiata untuk turut mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga pelosok pedesaan," katanya.

Selain perluasan dan penambahan BTS, XL Axiata juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi. Kini sebagian besar BTS di Lombok telah terfiberisasi dan akan terus meningkat. Sementara itu, sejak awal 2021 hingga saat ini, sekitar 575 BTS telah ditingkatkan kapasitasnya.

Pewarta: Awaludin
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021