Jayapura (ANTARA) - Atlet para-angkat berat asal Jawa Tengah Rani Puji Astuti meraih medali emas kelas 61kg putri pada Pekan Olahraga Nasional (Peparnas) XVI di Ballroom Suni Garden Lake Hotel dan Resort, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa.

Rani Puji Astuti mencatatkan angkatan pertama dengan beban 90kg, selanjutnya pada angkatan kedua dengan beban seberat 95kg dan angkatan terakhir dengan berat 100kg. Secara keseluruhan atlet berusia 38 tahun itu menorehkan 100 poin.

Posisi kedua diisi oleh atlet Tari Bunga Hartauli Siburian dari Riau yang berhak mendapatkan medali perak setelah menorehkan total 82 poin dari tiga angkatan yang dilakukan.

Pada angkatan pertama, Tari Bunga mencatatkan beban seberat 78kg, lalu pada kesempatan kedua ia mengangkat beban seberat 82kg dan pada kesempatan ketiga ia gagal mengangkat beban seberat 85kg.

Medali perunggu berhak didapatkan oleh atlet Papua Mariyani Majid yang secara keseluruhan menorehkan total 70 poin. Pada angkatan pertama, Mariyani mengangkat beban seberat 65kg, di angkatan kedua ia mengangkat beban seberat 70 kg dan di kesempatan ketiga ia gagal melakukan angkatan yang memiliki beban seberat 72kg.

Kelas 67kg dimenangkan oleh atlet asal Jawa Barat Shebrioni yang berhasil mengalahkan pesaingnya Yuliana Lili dari Kalimantan Barat dan Yulianti dari Jambi.

Shebrioni berhasil mencatatkan total 107 poin, dengan rincian berhasil melakukan angkatan pertama dengan beban 96kg, angkatan kedua 104kg dan pada angkatan ketiga berhasil mengangkat beban seberat 107kg yang membuat ia berhak atas medali emas.

Medali perak kelas 67kg putri berhasil diamankan oleh Yuliana Lili yang berhasil mengumpulkan 103 poin dengan rincian angkatan pertama seberat 96kg, angkatan kedua 103kg dan gagal mengangkat beban seberat 106kg pada kesempatan ketiga.

Secara keseluruhan akan ada 20 nomor yang dipertandingkan dari kategori putra dan putri dengan medali yang total diperebutkan adalah 20 emas, 20 perak dan 20 perunggu di cabang olahraga angkat berat Peparnas Papua XVI.

Gelaran cabang olahraga angkat berat Peparnas Papua XVI ini direncanakan rampung pada Sabtu (13/11).

Baca juga: Ahmad Hidayat sumbang medali emas untuk Jabar di angkat berat Peparnas
Baca juga: Tamim Prasetyo sumbang emas untuk Jabar di angkat berat kelas 54kg
Baca juga: Papua tambah emas Peparnas dari angkat berat kelas 55kg putri

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021