Gresik, Jatim (ANTARA) - PT Semen Indonesia Distributor (SID) yang merupakan distributor resmi PT Semen Indonesia Tbk (IDX: SMGR) resmi bekerja sama dengan Shipper Indonesia (Shipper) untuk memaksimalkan pengelolaan seluruh gudangnya di Indonesia yang berjumlah 85 gudang.

Direktur Utama SID, Luwi Adi Riswanto, di Gresik, Rabu mengatakan, kerja sama strategis ini diharapkan membantu perusahaan dalam menyediakan layanan warehouse management.

"Kami percaya, sesuatu yang telah dimulai dengan baik dan juga bertumbuh secara baik, perlu dikelola oleh mitra yang terpercaya, professional dan punya integritas serta visi yang sama dalam memajukan SID," katanya.

Oleh karena itulah kami mempercayakan pengelolaan operasional dan logistik kami kepada Shipper Indonesia. Melalui kerja sama ini, Shipper dan SID telah meningkatkan sistem operasional dan efisiensi logistik melalui inovasi teknologi serta kapabilitas pengelolaan logistik dari Shipper.

Luwi mengatakan, kerja sama ini tujuannya untuk memperkuat fungsi dalam proses penjualan, sehingga SID membutuhkan operator penggudangan (warehouse management) yang dapat mengelola pola penggudangan menjadi lebih efisien dan produktif.

"Oleh karena itu, SID memilih Shipper untuk bertanggung jawab terhadap seluruh pengelolaan operasional gudang di 85 lokasi yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan," katanya.

Co-Founder dan COO Shipper, Budi Handoko pada saat konferensi pers di kantor SID, Gresik mengatakan, kerja sama ini adalah sebuah kehormatan, sebab Shipper dipercaya untuk mengelola gudang SID di seluruh Indonesia.

"Kami berharap kerja sama ini dapat terus berjalan baik dan layanan kami memberi kontribusi dan nilai tambah terhadap operasional yang maksimal di SID,” katanya.

Budi mengatakan dengan kerja sama ini, kedua perusahaan mendapatkan manfaat yang tidak sedikit, di antaranya optimalisasi dan produktivitas operasional yang meningkat karena masing-masing pihak akan fokus kepada pencapaian kinerja.

Untuk pihak Shipper, kata Budi, akan memperkuat operasional yang terkait dengan pengelolaan gudang dan persediaan dan disaat yang bersamaan pihak SID akan lebih optimal di fungsi Penjualan dan Distribusi barang.

"Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat semakin mendukung perekonomian nasional Indonesia melalui produk bahan bangunan dalam negeri yang berkualitas dan bisa didistribusikan secara merata di seluruh Indonesia," katanya.

Sementara itu, cakupan kerja sama kedua perusahaan adalah dari proses operasional meliputi inbound, penyimpanan, outbound, tenaga kerja pelaksana proses operasional dan warehouse management system.

SID sebagai mitra strategis Shipper, sebelumnya juga menerima apresiasi berupa penghargaan The Outstanding State-owned Enterprise 2021, suatu penghargaan kepada SID sebagai salah satu perusahaan yang merupakan bagian dari badan usaha milik negara (BUMN) yang berprestasi pada tahun 2021.

PT SID adalah perusahaan BUMN bidang perdagangan bahan bangunan yang tergabung di dalam PT Semen Indonesia Logistik (SILOG Group) dan terafiliasi di dalam PT Semen Indonesia Persero Tbk (SIG Group), dan telah beroperasi sejak tahun 1998 dan saat ini telah memiliki 85 Cabang Penjualan kedistributoran, 1 Outlet Toko Modern Retail dan Divisi Penjualan Semen Curah telah mampu mengembangkan jaringan pemasarannya baik di segmen B2B maupun B2C.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021