Ketua MPR RI minta Timsel KPU-Bawaslu perhatikan survei JPPR

Ketua MPR RI minta Timsel KPU-Bawaslu perhatikan survei JPPR

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (tengah) menghadiri acara diskusi grup (FGD) bertajuk “MPR sebagai Lembaga Perwakilan Inklusif” di Jakarta, Senin (18/10/2021). (ANTARA/HO-Dokumentasi Ketua MPR RI)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu agar memperhatikan hasil survei Jaringan Pendidikan Pemilu untuk Rakyat (JPPR).

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu, menyampaikan respons soal hasil pengecekan Jaringan Pendidikan Pemilu untuk Rakyat (JPPR) terhadap laman pendaftaran Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027.

Survei tersebut menunjukkan laman pendaftaran yang diperuntukkan bagi kelompok disabilitas dinilai masih kurang ramah.

Baca juga: Ketua MPR RI minta Densus 88 tetap tingkatkan kewaspadaan

"Meminta Timsel KPU dan Bawaslu untuk memperhatikan hasil survei atau pengecekan oleh JPPR dengan mengevaluasi situs web tersebut dan memperbaiki kekurangan yang ada pada situs tersebut," kata Bamsoet.

Hal itu, lanjut dia, mengingat jika situs website timsel masih kurang ramah, maka akan sangat sedikit penyandang disabilitas yang mendaftarkan dirinya sebagai calon anggota KPU atau Bawaslu.

Dia meminta agar Timsel KPU dan Bawaslu segera melakukan perbaikan serius terhadap laman tersebut, yakni dengan lebih memperhatikan tingkat aksesibilitas laman pendaftaran agar lebih ramah dan memudahkan bagi calon anggota KPU dan Bawaslu yang ingin mendaftarkan diri khususnya penyandang disabilitas.

Baca juga: Ketua MPR: Pemerintah fokus tangani kenaikan COVID-19 di 155 daerah

"Meminta komitmen Timsel KPU dan Bawaslu dalam menjaring lebih banyak calon anggota penyelenggara pemilu dari berbagai kalangan," ujarnya.

Bamsoet menilai sudah seharusnya menjaring lebih banyak calon anggota KPU dan Bawaslu sepanjang memenuhi persyaratan yang ditetapkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Bamsoet harap Andika Perkasa ayomi tiga matra secara bijak

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bamsoet minta dana CSR dimanfaatkan untuk pembinaan olahraga

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar