Jakarta (ANTARA) - Bek tengah Elkan Baggot mengaku tidak mengalami kesulitan dalam berkomunikasi di skuad tim nasional Indonesia yang mayoritas pemainnya berbahasa Indonesia.

"Saya rasa tidak ada masalah," ujar Elkan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/11).

Elkan, yang berayahkan warga negara Inggris dan beribu orang Indonesia, merupakan seorang penutur bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari. Saat ini, Elkan juga tercatat sebagai pemain klub Inggris, Ipswich Town.

Sementara di timnas, bahasa yang digunakan adalah Korea dan Indonesia. Hal itu lantaran staf pelatih skuad Garuda yaitu pelatih kepala Shin Tae-yong beserta para asistennya yakni Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu dan Choi In-cheol, berstatus sebagai warga negara Korea Selatan.

Para pelatih itu pun dibantu seorang penerjemah bahasa Korea ke Indonesia yaitu Jeong Seok-seo atau Jojo untuk berinteraksi dengan pemain.

Selain Jojo, asisten pelatih timnas Yoo Jae-hoon, yang sudah tinggal di Indonesia sejak tahun 2010, juga merangkap sebagai penerjemah.

Meski nyaris tak ada yang berbahasa Inggris di lapangan, Elkan Baggott merasa tidak kesulitan dalam beraktivitas bersama timnas.

Sebab, beberapa pemain timnas Indonesia fasih berbicara dengan bahasa Inggris. Bahasa itu pun kerap digunakan Shin Tae-yong untuk berdialog langsung dengan Elkan.

"Pelatih Shin sering menerjemahkan langsung bahasa Korea ke Inggris kepada saya. Bahasa Inggris pelatih bagus. Jadi saya merasa oke," kata Elkan.

Elkan Baggott merupakan pemain debutan di timnas senior Indonesia. Sebelumnya, pesepak bola berusia 19 tahun yang lahir di Thailand itu sempat memperkuat timnas U-19 Indonesia pada beberapa laga uji coba.

Saat ini, Elkan bersama rekan-rekannya di timnas Indonesia tengah menjalani persiapan menuju Piala AFF 2020 yang dimulai Desember 2021. Pemusatan latihan (TC) berlangsung di Jakarta dan Turki.

Anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong dijadwalkan berangkat ke Turki pada Kamis (11/11).

Di Turki, selain berlatih, timnas Indonesia juga akan menunaikan pertandingan persahabatan internasional FIFA kontra Afghanistan, Selasa (16/11), dan Myanmar, Kamis (25/11).

Di Piala AFF 2020, Indonesia yang bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos, akan menjalani laga perdananya pada 9 Desember 2021 kontra Kamboja.

Berikutnya Indonesia menghadapi Laos pada 12 Desember 2021, Vietnam tiga hari kemudian dan Malaysia pada Minggu 19 Desember 2021.

Semua pertandingan timnas Indonesia dilaksanakan di Stadion Bishan, Singapura. Piala AFF 2020 digelar secara terpusat lantaran pandemi COVID-19.

Baca juga: Elkan Baggott pastikan kantongi izin tampil di Piala AFF 2020
Baca juga: Elkan Baggott pilih jadi WNI karena keluarga
Baca juga: Elkan Baggott rasakan aura luar biasa perkuat timnas Indonesia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021