Jayapura (ANTARA) -
Papua akhirnya memperoleh total tiga emas pada nomor perseorangan cabang olahraga boccia pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI hari keempat di Auditorium Universitas Cenderawasih di Kota Jayapura.

Hasil ini membuat Papua mengalahkan Jawa Tengah yang meraih dua emas, kata Technical Delegate Cabang Olahraga Boccia Rumi Iqbal Doewes kepada ANTARA  di Jayapura, Kamis.

Papua memperoleh ketiga emas dari nomor perseorangan BC3, BC4 dan BC5.  "Sedangkan Jawa Tengah memperoleh emas dari nomor individual kategori BC1 dan BC2," kata Rumi.

Menurut Rumi, untuk kategori BC1 medali emas dan medali perak dibawa pulang oleh Jawa Tengah dan medali perunggu menjadi milik Papua.

"Kategori BC2, Jateng kembali membawa pulang emas, DKI Jakarta membawa pulang perak dan perunggu kembali diraih Papua," kata Rumi.

Medali emas, perak dan perunggu kategori BC3 semuanya dibawa pulang oleh tuan rumah Papua.

"Kemudian kategori BC4, emas juga dibawa pulang Papua, perak diraih DKI Jakarta dan perunggu diraih Jateng," sambung Rumi.

Jawa Tengah memperoleh perak dan perunggu perseorangan BC5.

Boccia diikuti oleh 14 provinsi yang meliputi Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Papua, Papua Barat, Kalimantan Timur, Aceh, DI Jogjakarta, Jawa Timur, Lampung, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Barat.


Baca juga: Boccia hanya tandingkan delapan nomor pada Peparnas Papua dan Atlet renang puji fasilitas Arena Akuatik yang ramah disabilitas

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021