Seoul (ANTARA News) - Warga Korea Selatan membuat rekor pemberian sumbangan sebesar 21,3 miliar won (Rp171,9 miliar) yang disalurkan palang merah setempat untuk korban bencana di Jepang dalam dua pekan pengumpulan, kata pejabat seperti dikutip AFP, Senin.

Jumlah sumbangan tersebut melampai rekor sebelumnya 19,3 miliar won yang dikumpulkan Palang Merah Korsel selama empat bulan untuk membantu warga Amerika Serikat yang terkena topan Katrina pada 2005, kata badan kemanusiaan itu.

Gempa dan tsunami pada 11 Maret tersebut memicu curahan simpati dari negara tetangganya, Korsel, dan banyak perusahaan serta pesohor dunia hiburan yang terkenal di Jepang, bergabung bersama masyarakat memberikan sumbangan.

Aktor Bae Yong-Joon yang mendapatkan ketenaran di Jepang berkat serial televisi "Winter Sonata" memberikan sumbangan satu miliar won (sekitar 1,9 juta rupiah) awal bulan ini.

Juru bicara Palang Merah Korsel mengatakan sumbangan sebesar itu berasal dari perusahaan dan lembaga lain, khususnya yang punya hubungan dekat dengan Jepang.(*)
KR-DLN/B002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011