Jakarta (ANTARA News) - ASUS meluncurkan PC tablet terbarunya yang dijuluki Eee Pad Transformer, didukung dengan keyboard docking dan baterai tambahan yang bila digabungkan mampu bertahan hingga 16 jam.

Transformer menggunakan sistem operasi teranyar buatan Google, Android 3.0, yang dinamai Honeycomb.

Kombinasi Honeycomb dengan Waveshare, user interface dari ASUS, Transformer diklaim menjadi sebuah perangkat portable yang menyenangkan baik untuk kerja maupun komunikasi via jejaring sosial.

"Dengan prosesor dual core NVIDIA® Tegra™ 2, Eee Pad Transformer dapat menjelajah website dalam sekejab, menjalankan fungsi multitasking dengan respon yang lebih cepat dan kinerja yang lebih baik," tulis ASUS dalam rilisnya kepada ANTARA News, Senin.

Layar tablet ini sudah menggunakan teknologi mutakhir, panel IPS (in-plane switching), yang tetap jelas meski dilihat dari sudut pandang hingga 178 derajat, "dan menampilkan warna 50 persen lebih tajam dan akurat dibanding tablet kebanyakan".

"Dan anti gores," kata ASUS.

Audionya berteknologi SRS Sound yang menyediakan pengalaman audio 3D yang dinamis, dengan bass yang maksimal dan jangkauan suara yang lebar dari speaker di dalamnya.

Tablet setebal 12,98mm dan berat 680 gram ini dilengkapi kamera 5mp di bagian belakang serta 1,2mp di depan. Anda bisa membuat file video untuk kemudian diputar di HDTV melalui port output mini HDMI.   
Dilabeli Transformer pada namanya, karena perangkat ini bertransformasi dari tablet menjadi notebook berkat keyboard docking station.

Perbedaan Eee Pad Transformer dengan tablet kebanyakan pada tersedianya opsional docking station, keyboard QWERTY sekaligus dengan function key Android yang unik, menjadikan Transformer dari sebuah tablet menjadi seperti notebook pada umumnya.

Eee Pad Transformer sudah dilengkapi dengan Polaris® Office® 3.0, sebuah Mobile Office Solution profesional yang memungkinkan pengguna untuk mengedit berbagai jenis dokumen office, termasuk file dokumen (.doc), spreadsheet (.xls), dan presentasi (.ppt).

Dengan touchpad, 3,5mm audio jack, dua port USB, dan SD Card reader dibenamkan untuk memudahkan menyimpan dan berbagi file, menjadikan Transformer sebuah pusat media hiburan.

ASUS juga menyediakan ASUS WebStorage, media penyimpanan onlin yang tidak terbatas, dalam waktu satu tahun untuk cloud computing.

Spesifikasi Eee Pad Transformer:
- Display: 10.1" LED Backlit screen with IPS (1280 x 800) 10 finger multi-touch support, scratch resistant-glass
- Operating system: Android 3.0 Honeycomb
- Platform: NVIDIA® Tegra™ 2
- Memory: LP DDR2 1 GB
- Storage: 16GB/32GB (1) EMMC + Unlimited ASUS WebStorage (2)
- Wireless: 802.11 b/g/n, Bluetooth 2.1 + EDR
- Camera: 1.2MP (front), 5MP Auto focus (rear)
- Interface: 2-in-1 Audio Jack (Head Phone / Mic-in); 1x mini HDMI 1.3a port 1x Micro SD Card Reader; 1x 
   Internal Microphone; 1x Stereo Speaker
- Interface on mobile dock (note): 2x USB 2.0(5); 1x SD Card Reader(5)
- Sensor: G-Sensor, Light Sensor, Gyroscope, E-compass, GPS
- 3G Module: optional
- Flash support: Yes(3)
- Multi-tasking: Yes
- Special APP: ASUS Launcher, MyLibrary, MyNet, MyCloud, File manager, PC sync
- Battery: 9.5 hours; 24.4Wh Li-polymer Battery(4) 16 hours with dock
- Size/Weight: 271*177*12.98mm / 680g (w/ battery)

(S026/B010)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011