Banjarmasin (ANTARA) - Kontingen National Paralympic Commite (NPC) Provinsi Kalimantan Selatan sejauh ini sudah mencapai sebanyak 32 medali emas di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-XVI tahun 2021 di Provinsi Papua.

"Tinggal dua medali emas lagi target kita tercapai pada Paparnas Papua ini," ujar Ketua NPC Kalsel H Ahmad Firdaus saat dihubungi di Papua, Kamis.

Menurut dia, dengan tambahan 8 medali emas hari ini, kontingen Kalsel berhasil mengumpulkan sebanyak 32 medali emas sejak pertandingan dimulai 6--11 November ini, di mana target pada Paparnas Papua ini sebanyak 35 medali emas dari 10 cabang olahraga.

"Para atlet kita sudah sangat luar biasa berjuang sejauh ini, kita optimis bisa melampaui target," ujarnya.

Baca juga: Kalsel duduki peringkat empat klasemen sementara Peparnas Papua
Baca juga: Dua perenang Kalsel pecahkan rekor di Peparnas Papua


Firdaus mengatakan, para atlet NPC Kalsel masih ada yang berlaga hingga Sabtu 13 November 2021, sehingga masih ada peluang besar untuk menambah koleksi medali.

Pasalnya, NPC Kalsel menurunkan sebanyak 135 atlet pada laga akbar olahraga nasional kaum disabilitas yang berlangsung dari 6--15 November 2021 tersebut.

Sejauh ini secara total medali yang diraih kontingen Kalsel sebanyak 91 medali, dengan rincian: 32 medali emas, 25 medali perak dan 34 medali perunggu.

Baca juga: Kalsel borong emas dan perak di nomor 60kg judo Peparnas Papua

"Peraih medali terbanyak pada cabang olahraga adalah atletik dengan 12 medali emas dan renang dengan 11 medali emas," tuturnya.

Dia pun menyampaikan, kontingen NPC Kalsel tetap bertengger di posisi 4 klasemen sementara perolehan medali emas terbanyak di bawah Jawa Tengah (3), Jawa Barat (2) dan Papua (1).

"Kita akan berjuang terus untuk bisa bertahan di lima besar perolehan medali," ujarnya.
Para atlet NPC Kalsel saat meraih medali emas di Paparnas Papua.(ANTARA/Istimewa)


 

Pewarta: Sukarli
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021