Patroli ini untuk meningkatkan kamtibmas menjelang ajang IATC dan WSBK Tahun 2021.
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Personel Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan patroli blue light di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika menjelang World Superbike guna menciptakan kamtibmas yang kondusif.

"Patroli ini untuk meningkatkan kamtibmas menjelang ajang IATC dan WSBK Tahun 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit," kata Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono, di Praya, Kamis.

Ia mengatakan, yang menjadi sasaran dalam kegiatan patroli tersebut adalah pelaku tindak pidana dan masyarakat di sekitar KEK Mandalika. Selain itu, patroli itu diharapkan dapat meningkatkan terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah KEK Mandalika

"Ini mengantisipasi atau meminimalisir hal-hal yang menonjol atau yang tidak diinginkan untuk mencegah aksi 3C (curat, curas, curanmor)," katanya pula.

Selain melakukan patroli, anggota juga menggelar kegiatan razia yang ditingkatkan (KRYD) oleh semua polsek jajaran, dalam waktu dekat akan digelar Operasi Mandalika Rinjani 2021 menjelang WSBK di Sirkuit Mandalika.

"Ini semua upaya menjaga keamanan dan mendukung WSBK tersebut," katanya lagi.
Baca juga: Pasukan pengamanan ajang balap di Sirkuit Mandalika mulai beroperasi


Dia menyatakan pula, sasaran kegiatan razia tersebut tentunya di semua tempat yang sering digunakan untuk aktivitas dan orang yang melakukan kegiatan, supaya tetap bisa memberikan rasa aman dan nyaman.

"Ini salah satu upaya pencegahan, terhadap segala bentuk potensi gangguan kamtibmas, penyakit masyarakat dan sosialisasi penerapan protokol Kesehatan COVID-19," kata dia.

Selain melakukan patroli dan razia gabungan bersama TNI dan Dinas Perhubungan, pihaknya juga akan melakukan pengamanan jalur di semua jalan yang menjadi akses menuju sirkuit baik itu dari jalan bypass bandara maupun dari sisi barat.

"Kami juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di semua titik pintu masuk menuju sirkuit untuk menghindari kemacetan saat event berlangsung," katanya.

Kapolres juga mengimbau masyarakat supaya sama-sama mendukung dan menyuksekan ajang balapan Internasional itu, karena balapan ini merupakan awal persiapan penyelenggaraan MotoGP tahun 2022 mendatang.

"Kalau event ini sukses pasti MotoGP bisa terlaksana, kalau ini ada kendala tentu MotoGP akan jadi pertimbangan ke depannya," kata  dia lagi.

Patroli dilaksanakan oleh Danru/Anggota Patroli Samapta Polres Lombok Tengah, Anggota Brimob Polda NTB, dan security ITDC serta polsek jajaran.
Baca juga: 146 bus dukung kelancaran arus lalu lintas ajang IATC dan WSBK

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021