Jakarta (ANTARA) - Karolina Pliskova melanjutkan dominasinya atas Garbine Muguruza, Rabu waktu setempat atau Kamis WIB, membuka WTA Finals-nya di Guadalajara, Meksiko, dengan kemenangan 4-6 6-2 7-6(8/6) atas petenis Spanyol itu.

Unggulan ketiga dari Ceko Pliskova, berusia 29 tahun yang menjadi paling tua dalam ajang elit penutup musim edisi tahun ini, tersebut saat ini telah memenangi sembilan dari 11 pertemuan dengan Muguruza.

Kemenangan itu, dikutip dari AFP, menempatkan Pliskova di puncak klasemen grup yang berlangsung dengan sistem round-robin bersama petenis Estonia Anett Kontaveit, yang mengalahkan unggulan kedua dari Ceko Barbora Krejcikova, pada grup lainnya.

Baca juga: Wajah-wajah baru siap meramaikan WTA Finals
Baca juga: Pliskova, Andreescu, dan Opelka tersingkir di Indian Wells

Setelah kehilangan set pertama, Pliskova melakukan upaya servis yang luar biasa untuk merebut set kedua.

Pada set ketiga yang menegangkan, Muguruza menyelamatkan dua match point saat melakukan servis pada kedudukan 4-5. Namun, dia tidak mampu memanfaatkan dua break point yang membawanya ke tiebreak.

Muguruza menyelamatkan satu match point lagi untuk menyamakan kedudukan menjadi 6-6, tetapi Pliskova memenangi pertandingan setelah dua jam dan 26 menit ketika pukulan forehand Muguruza melebar.

Baca juga: Kontaveit kalahkan Krejcikova dalam laga pembuka WTA Finals

Turnamen tersebut dipindahkan ke Meksiko dari tuan rumah biasanya di Shenzhen, Cina, karena pandemi COVID-19.

Pergantian venue berarti para pemain yang terdiri dari delapan petenis tunggal harus menyesuaikan diri dengan kondisi cuaca Guadalajara yang berada sekitar 5.100 kaki atau sekitar 1.550 meter di atas permukaan laut.

Pada pertandingan sebelumnya, Kontaveit memulai aksi penyisihan grup dengan kemenangan dua set langsung atas juara French Open Krejcikova.

Baca juga: Sabalenka dan Swiatek dalam grup yang sama di WTA Finals

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021