Amsterdam (ANTARA) - Sebuah panel penasihat pandemi di Belanda pada Kamis merekomendasikan "lockdown" atau karantina wilayah sebagian yang pertama di Eropa barat sejak musim panas, memberi tekanan pada pemerintah untuk mengambil tindakan tidak populer guna memerangi lonjakan COVID-19.

Kabinet sementara Perdana Menteri Mark Rutte diperkirakan akan memutuskan pada Jumat tentang langkah-langkah mengikuti rekomendasi dari Tim Manajemen Wabah, penyiar NOS melaporkan.

Pemerintah sering mengikuti rekomendasi panel ahli.

Langkah-langkah yang sedang dipertimbangkan termasuk membatalkan acara, menutup teater dan bioskop, dan waktu penutupan lebih awal untuk kafe dan restoran, kata laporan NOS. Sekolah akan tetap buka.

Baca juga: Indonesia terima donasi 680.400 dosis vaksin Moderna dari Belanda

Setelah penguncian sebagian sekitar dua minggu, pintu masuk ke tempat-tempat umum harus dibatasi untuk orang-orang yang telah divaksin penuh atau baru saja pulih dari infeksi virus corona, menurut saran tersebut.

Bahkan ketika infeksi melonjak ke tingkat tertinggi, banyak negara maju menganggap peluncuran vaksin berarti karantina wilayah tidak diperlukan.

Inggris mengandalkan suntikan penguat untuk meningkatkan kekebalan dan mencoba menghindari sistem perawatan kesehatannya kewalahan.

Belanda sejauh ini telah memberikan suntikan penguat kepada sekelompok kecil orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Pemerintah akan mulai menawarkannya kepada orang-orang berusia 80 tahun ke atas pada Desember, sementara suntikan tambahan pada akhirnya akan tersedia untuk siapa saja yang lebih tua dari 60 tahun.

Baca juga: Kasus COVID rekor, RS di Belanda desak pemerintah ambil langkah baru

Meskipun tingkat vaksinasi orang dewasa mendekati 85 persen, rumah sakit di beberapa bagian Belanda telah dipaksa untuk mengurangi perawatan rutin untuk merawat pasien COVID-19.

Bulan lalu, sekitar 56 persen pasien COVID-19 Belanda di rumah sakit dan 70 persen dari mereka yang dirawat intensif tidak divaksin atau hanya divaksin sebagian.

Pasien COVID-19 yang tidak divaksin di rumah sakit Belanda memiliki usia rata-rata 59, dibandingkan dengan 77 tahun untuk pasien yang divaksin, menurut data yang diberikan oleh Institut Kesehatan Belanda (RIVM).

Pekan lalu, Belanda memperkenalkan kembali masker dan menambah daftar tempat yang memerlukan "kartu corona" yang menunjukkan vaksinasi atau hasil tes negatif, untuk mendapatkan akses.

Infeksi virus corona baru di negara berpenduduk 17,5 juta itu secara kasar meningkat dua kali lipat dalam seminggu terakhir menjadi lebih dari 400 per 100.000 penduduk, dan setinggi pada minggu-minggu terburuk Desember tahun lalu.

Sumber: Reuters

Baca juga: Ukraina akan kerahkan pasukan, helikopter jaga perbatasan Belarus

Baca juga: Perbatasan Lithuania dalam keadaan darurat terkait migran dari Belarus

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021