Puan Maharani ajak generasi muda perkuat nilai-nilai kebangsaan

Puan Maharani ajak generasi muda perkuat nilai-nilai kebangsaan

Ketua DPR RI Puan Maharani hadir dalam kuliah umum di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (11/11/2021). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Indonesia bisa menjadi negara maju seperti Korsel.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak semua elemen bangsa khususnya generasi muda untuk terus memperkuat nilai-nilai kebangsaan jika ingin Indonesia maju, tumbuh, tangguh.

"Nilai-nilai kebangsaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan Indonesia yang kemarin baru kita peringati jasa-jasanya di dalam peringatan Hari Pahlawan," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Puan dalam kuliah umum di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, DI Yogyakarta, Kamis, mengingatkan para generasi muda bangsa bahwa tidak ada negara yang maju dengan meninggalkan nilai-nilai kebangsaannya.

Puan mencontohkan Korea Selatan (Korsel) sebagai negara maju yang tidak meninggalkan jati dirinya sebagai sebuah bangsa dan mengedepankan budayanya.
Baca juga: Puan dukung munculnya banyak petani milenial
 

Menurut dia, Korsel menyaring budaya asing dan dilarutkan dalam kebudayaannya dan di saat yang bersamaan mereka memperkuat nilai-nilai kebangsaannya.

"Siapa yang tidak tahu K-Pop, serial drama Korea, dan yang terbaru ada serial berjudul Squid Game yang menjadi tren budaya populer di dunia. Karena mendunianya karya-karya budaya Korsel, banyak masyarakat di berbagai negara yang belajar bahasa Negeri Ginseng tersebut," ujarnya.

Dia menyakini Indonesia bisa menjadi negara maju seperti Korsel, namun seluruh elemen bangsa harus bekerja keras dan berpihak kepada nilai-nilai bangsa.

Puan mengatakan Indonesia yang maju artinya menjadi pemimpin global, bukan pengikut atau "follower" dan bukan mengikuti tren dunia, namun justru harus menciptakan tren yang kemudian diikuti masyarakat dunia.

Dia menceritakan ketika dirinya bertemu dengan pejabat-pejabat Korsel dalam forum internasional, mereka selalu mempromosikan destinasi wisata negara tersebut, seperti Pulau Jeju yang sering ditayangkan dalam drama Korea.

Karena itu, dia menilai Indonesia yang menjadi tuan rumah P20 pada November 2022 menjadi momentum untuk mempromosikan pulau-pulau wisata di Indonesia ke masyarakat dunia.
Baca juga: Puan Maharani minta generasi muda perkuat budaya bangsa
 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Soal Pemilu 2024, pengamat minta penguatan integrasi data

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar