Transjakarta dan mitra operator teken MoU beralih ke bus listrik

Transjakarta dan mitra operator  teken MoU beralih ke bus listrik

Petugas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengemudikan bus listrik produksi perusahaan otomotif China, Higer saat uji coba di Jakarta, Jumat (10/9/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Transjakarta mulai mengujicoba bis listrik produksi Higer sebagai upaya memenuhi target pengoperasian 5.000 bus elektrik pada 2025 di Ibukota. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta)  bersama dengan mitra operator menandatangani nota kesepahaman (MoU) guna menyukseskan program Jakarta Langit Biru dengan beralih ke bus listrik.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Angelina Betris, menjelaskan, penandatanganan MoU dilaksanakan oleh Direktur Utama PT Transjakarta M Yana Aditya dan para direktur utama dari seluruh mitra operator bus besar di Kantor Pusat PT Transjakarta, Cawang, Jakarta Timur, Kamis.

"Kami mengajak mitra operator untuk menyukseskan progam Jakarta Langit Biru dan MoU ini merupakan langkah awal menuju transisi tersebut," kata Betris di Jakarta, Kamis.

Dengan penandatanganan tersebut, janji Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menghadirkan udara yang bersih melalui Program Jakarta Langit Biru segera terwujud.

Baca juga: TransJakarta uji coba satu unit bus listrik

Transjakarta sebagai salah satu agen pembangunan Pemprov DKI Jakarta berkomitmen mewujudkan visi Gubernur DKI Jakarta dengan mulai beralih ke bus listrik.

Transjakarta sebagai BUMD DKI Jakarta sektor transportasi juga sudah mulai mempersiapkan berbagai kesiapan yang diperlukan untuk mengoperasikan bus listrik.

Persiapan tersebut meliputi, uji coba dengan Agen Pemegang Merek (APM) hingga kebutuhan lain yang dibutuhkan ketika resmi dioperasikan.

Harapannya, seluruh armada konvensional secara bertahap akan berganti menjadi armada berbasis listrik pada tahun 2030.

"Semuanya berproses, rencananya akhir tahun ini ada 30 unit bus listrik yang mulai melayani masyarakat di DKI Jakarta. Semoga persiapannya bisa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga bisa melayani masyarakat sesuai harapan," kata Betris.

Baca juga: Masih gratis, bus listrik TransJakarta mulai angkut penumpang
Baca juga: Swasta sediakan bus listrik dukung transportasi TransJakarta

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Telah hadir Mikrotrans AC persembahan dari Transjakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar