Jika saat ini ada sekitar 15 ribu sekolah Muhammadiyah dan satu sekolah memiliki seribu murid, setidaknya film itu akan ditonton 15 juta orang
Jakarta (ANTARA News) - Film layar lebar berjudul Si Anak Kampoeng yang menceritakan masa kecil tokoh Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif ditargetkan ditonton 15 juta orang di seluruh Tanah Air.

Produsen sekaligus sutradara Damien Dematra dalam syukuran film Si Anak Kampoeng di Jakarta, Selasa, mengatakan, selain khalayak umum, film yang diangkat dari novel berjudul sama tersebut akan diputar untuk sekolah-sekolah Muhammadiyah.

"Jika saat ini ada sekitar 15 ribu sekolah Muhammadiyah dan satu sekolah memiliki seribu murid, setidaknya film itu akan ditonton 15 juta orang," katanya.

Untuk penonton umum di gedung bioskup, Damien  hanya memprediksikan jumlah penonton sekitar 400 -500 ribu orang.

Menurut dia, film yang berlatar cerita di Sumpurkudus, sebuah desa pedalaman di Sumatera Barat sekitar 1920-an itu lebih banyak ditujukan untuk penonton muda terutama kalangan remaja.

Si Anak Kampoeng yang dibintangi oleh Radith Syam sebagai Syafii kecil itu mengisahkan keteguhan jiwa Buya Syafii yang sarat kesahajaan, ketulusan, ketauladanan, konsistensi kata dan perbuatan serta sikap egaliter yang menjadi inspirasi bagi setiap anak bangsa.

Film berdurasi 100 menit yang akan tayang perdana pada 21 April 2011 tersebut menyajikan kisah inspiratif perjuangan seorang anak Minang yang lahir di daerah pedalaman nan udik yang berjuang keras demi mencapai impiannnya menjadi seorang intelektual.

"Melalui film ini kami ingin generasi muda menjadikan masalah sebagai sebuah tangga menuju keberhasilan. Itulah pesan moral yang kami sampaikan," kata lelaki yang gemar menguncir rambutnya itu.

Menurut dia, film yang mengambil lokasi syuting di Sumpurkudus, Sumatera Barat, serta kawasan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, itu memakan biaya produksi sekitar Rp5 miliar.

Untuk menampilkan Desa Sumpurkudus pada masa lalu dilakukan pembangunan studio alam di areal seluas lima hektare serta mendirikan replika rumah gadang khas Minang.

Beberapa artis film senior yang turut membintangi Si Anak Kampoeng antara lain Pong Hardjatmo, Inggrid Widjanarko, dan Ayu Ashari.
(S025/N002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011