target vaksinasi minimal 70 persen hingga akhir tahun 2021
Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Pasien aktif COVID-19 di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat sampai hari ini tersisa 18 orang yang masih menjalani proses pemulihan kesehatan.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Jumat mengatakan pasien aktif COVID-19 sebanyak 18 orang tersebut berasal dari enam kecamatan yakni dari Kecamatan Belinyu terdapat dua pasien.

Dari Kecamatan Merawang satu orang, Pemali tujuh orang kemudian asal Kecamatan Puding Besar dan Riau Silip masing-masing tiga orang serta Kecamatan Sungailiat terdapat dua orang pasien aktif.

Boy Yandra menyakini, pasien aktif yang mendapat perawatan kesehatan intensif tersebut segera sembuh sehingga semakin berkurang jumlahnya dan wilayah Kabupaten Bangka secepatnya ke zona aman.

"Saya optimis wilayah Kabupaten Bangka secepatnya ke zona aman dari sebaran COVID-19 dari indikator menurunnya temuan kasus harian serta meningkatnya jumlah warga menerima vaksin," katanya.

Baca juga: Satgas: Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Bangka capai 99,81
Baca juga: Bangka Barat bangun rumah oksigen antisipasi gelombang tiga COVID-19


Data perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka, total warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 9.809 orang, 9.429 orang sembuh dan 362 pasien meninggal dunia.

Sedangkan realisasi cakupan vaksinasi dosis pertama untuk semua kelompok usia wajib vaksin sudah mencapai 59,44 persen atau 151.662 orang dari total 255.161 sasaran dan dosis kedua 112.802 orang atau 44.21 persen dari total sasaran yang sama.

"Untuk mencapai target vaksinasi minimal 70 persen hingga akhir tahun 2021, pemerintah daerah bersama TNI, Polri, Parpol dan ormas terus memaksimalkan layanan vaksin dengan membuka puluhan gerai vaksin setiap harinya," jelasnya.

Khusus hari libur, kata dia, gerai vaksin dibuka di sejumlah objek wisata guna memberi kemudahan jangkauan warga atau pengunjung wisata mendapatkan layanan vaksin.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Bangka Barat mencapai 65,93 persen

Pewarta: Kasmono
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021